Kamis, November 25, 2010

EVEKTIFITAS DAN EFISIENSI PENGGUNAAN MEDIA


EVEKTIFITAS DAN EFISIENSI PENGGUNAAN MEDIA
Prinsip-prinsip Pemilihan Media
1.      Media yang dipilih harus sesuai dengan tujuan dan materi pelajaran, metode belajar yang digunakan serta karakteristik siswa yang belajar.
2.      Guru harus mengenal ciri-ciri dan tiap-tiap media pembelajaran.
3.      Pemilihan media untuk meningkatkan efektifitas belajar siswa.
4.      Pemilihan media harus mempertimbangkan biaya pengadaan,ketersediaan bahan media, mutu media, dan lingkungan fisik tempat siswa belajar.
Syarat Pemilihan Media
1.      Sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
2.      Ketersediaan bahan media.
3.      Biaya pengadaan.
4.      Kualitas atau mutu teknik.
Pertimbangan-pertimbangan dalam Memilih Media
1.      Access
2.      Cost
3.      Technology
4.      Interactivity
5.      Organization
6.      Novelty
Efektivitas Media Pembelajaran
1.      Menurut hubbard:
a.      Biaya
b.      Ketrsediaan Fasilitas penduung
2.      Menurut Thorn:
a.      Kemudahan navigasi
b.      Kandungan kognisi (pengetahuan dan presentasi informasi)
c.       Integrasi media dimana media harus mengintegrasikan aspek dan keterampilan bahasa yang harus dipelajari
d.      Fungsi secara keseluruhan.
Instrument Efektifitas Media Pembelajaran
1.      Isi media sesuai dengan tujuan pembelajaran
2.      Media pembelajaran ynga dipakai mudah dioperasikan
3.      Media pembelajaran mampu memahami hal-hal yang abstrak maupun konkrit
4.      Media meningkatkan motivasi untuk belajar
5.      Tampilan media seperti benda asli dan dapat digerakkan seperti benda aslinya
6.      Media yang digunakan membantu dalam memahami konsep dengan realita (kontestual)
7.      Media pembelajarann yang digunakan  membantu dalam pelaksanaan praktek laboratorium dengan benar
8.      Media yang digunakan membangitkan keinginan dan minat baru
9.      Media yang digunakan memberikan suatu pengalaman belajar yang berarti
Keuntungan penggunaan Media
1.      Dapat memperjelas penyajian pesan agar  tidak terlalu verbalistik
2.      Mengubah pola pembelajaran siswa yang pasif menjadi lebih aktif
3.      Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indra
4.      Memberikan pengalaman dan persepsi yang sama
Kegagalan Penggunaan Media
1.      Generalisasi konsep abstrak dari representasi hal-hal konkrit tidak tercapai
2.      Alat peraga yang digunakan hanya sekedar sajian yang tidak memiliki nilai-nilai yang tidak menunjang konsep-konsep dalam pembelajaran
3.      Tidak disajikan pada saat yang tepat
4.      Memboroskan waktu
5.      Digunakan pada peserta didik yang sebenarnya tidak memerlukannya
6.      Tidak menarik
7.      Mempersulit konsep yang dipelajari
8.      Mudah rusak
Sumber: Materi kuliah “media pembelajaran berbasis TIK”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komen o yo rek,, *suwun