Kamis, November 25, 2010

MEMIMPIN DISKUSI KELOMPOK KECIL


MEMIMPIN DISKUSI KELOMPOK KECIL
Pengertian diskusi kelompok kecil
            Diskusi kelompok kecil adalah proses yang melibatkan kelompok-kelompok kecil dalam interaksi tatap muka secara informal dengan tujuan berbagi pengalaman atau informasi, memecahkan masalah atau mengambil keputusan
Keuntungan diskusi kelompok kecil
1.      Siswa dapat berbagi informasi dalam menjelajahi gagasan baru atau memecahkan suatu masalah
2. Meningkatkan pemahaman terhadap masalah-maslah penting
3. Mengembangkan kemampuan untuk berfikir dan berkomunikasi
4. Meningkatkan keterlibatan dalam perencanaan dan pengambilan keputusan
5. Terbina kerjasama semangat kerjasama yang sehat serta kelompok yang kohesif dan bertanggung jawab
Kelemahan diskusi kelompok kecil
1. Diskusi kelompok memerlukan waktu yang lebih banyak dari pda cara belajaryang biasa
2. Dapat memboroskan waktu jika pengarahan kurang tepat, pembicaraan berlarut-larut, penampilan yang kurang baik
3. Anggota kelompok yang kurang agresif (pendiam, pemalu) sering tidak medapat kesempatan untuk menemukakan ide-idenya sehingga menyebabkan terjadinya sikap menarik diri
4. Ada kalanya diskusi didominasi oleh orang-orang tertentu
Peran guru dalam keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil
1. Sebagai coordinator belajar
2. Perencana tugas bersama
3. Pemandu aktifitas siswa
4. Penilai kemajuan kelompok
5.  Fasilitator
6. Katalisator
7. Nara sumber
Teknik memimpin diskusi
1. Bentuk lingkaran atau bentuk U
2. Bentuk kelas
3. Tahap-tahap penyelesaian masalah dalam diskusi kelompok
4. Tips dalam merumuskan persoalan
5. Hal-hal pokok tugas pimpinan kelompok
6. Teknik-teknik alternatif di dalam pengelolaan kelompok kecil
7. Memahami kondisi psikologis dari peserta
8. Peranan diskusi kelompok: pembebasan aku sejati
9. Penyesuaian pemahaman: koreksi aku sejati
10.  Hasil diskusi
Komponen-komponen keterampilan memimpin diskusi kelompok kecil
1. Memusatkan perhatian
2. Memperjelas masalah
3. Menganalisis pandangan siswa
4. Meningkatkan kemampuan siswa
5. Menyebarkan kesempatan berpartisipasi
6. Menutup diskusi
Sumber: materi kuliah “kemampuan dasar mengajar”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komen o yo rek,, *suwun