Sabtu, November 06, 2010

Teori Perkembangan


TEORI PERKEMBANGAN

3 Aliran Para Analis
  1. Aliran Nativisme
  2. Aliran Empirisme
  3. Aliran Konvergensi
Nativisme
  1. Perkembangan individu karena faktor pembawaan
  2. Bayi lahir dianggap sudah jadi
  3. Lingkungan, pembelajaran tidak dapat mempengaruhi
  4. Pembawaan orang tua diturunkan pada anaknya
  5. Tidak ada gunanya mendidik orang yang memang memiliki pembawaan buruk
Empirisme
  1. Perkembangan Anak tergantung lingkungan atau pendidikan
  2. Anak akan berkembang sesuai keinginannya apabila di sediakan medianya
  3. Anak lahir bagai kertas kosong, orang tua dan lingkungan yang membentuknya
Konvergensi
  1. Perkembangan dipengaruhi baik oleh pembawaan maupun lingkungan
  2. Pembawaan tidak berarti tanpa didukung pengalaman, kesempatan dan pendidikan
  3. Lingkungan juga tidak manfaat tanpa memiliki bakat bawaan
Teori Psikoanalis
  1. Anak dilahirkan dalam kecenderungan agresiv dan mementingkan diri sendiri
  2. Faktor biologis sangat berpengaruh bagi perkembangan anak
  3. Anak berperan pasif selama perkembangan
  4. Perkembangan berjalan dalam tahapan umur
  5. Tahapan perkembangan umumnya sama untuk semua anak
Teori Perkembangan Kognitif
  1. Anak dilahirkan dengan kecenderungan menjadi baik
  2. Baik faktor alam maupun lingkungan keduanya berperan dalam perkembangan anak
  3. Anak berperan aktif didalam proses perkembanganny
  4. Perkembangan berjalan dalam tahapan menurut umur
  5. Tahapan perkembangan umumnya sama untuk semua anak
Teori Belajar
  1. Anak dilahirkan dengan tanpa kecenderungan tertentu
  2. Faktor lingkungan berpengaruh utama dalam perkembangan anak
  3. Anak berperan pasif dalam perkambangannya
  4. Perkebangan berjalan secara kontinyu
  5. Tahapan perkembangan umumnya bervariasi sangat tinggi diantara semua anak
Teori Humanistik
  1. Anak dilahirkan dengan kecenderungan baik
  2. Faktor bawaan berperan utama dalam perkembangan anak
  3. Anak berperan aktif dalam perkembangan
  4. Perkembangan berjalan secara kontinyu
  5. Tahapan perkembangan bervariasi sangat tinggi diantara semua anak
Teori Ethologi
  1. Anak dilahirkan dengan tanpa kecenderungan tertentu
  2. Faktor bawaan berperanan utama dalam perkembangan anak
  3. Anak berperan aktif dalam proses perkembangan
  4. Perkembangan berjalan secara kontinyu
  5. Tahapan perkembangan bervariasi sangat tinggi diantara semua anak
Konsepsi Gestalt
·         Kesan keseluruhan akan dibentuk oleh anak terlebih dahulu baru kemudian akan teramati bagian-bagiannya
·         Perkembangan adalah proses diferensiasi yaitu memisah-misahkan, membeda-bedakan semua benda, gejala atau peristiwa.
Konsepsi Neo Gestalt
·         Perkembangan disamping proses deferensiasi juga proses stratifikasi
·         Struktur pribadi manusia digambarkan terdiri dari lapisan-lapisan, makin besar anak, makin tinggi perkembangannya
·         Awal perkembangannya, Anak kecil masih satu lapis, maka akan jujur mengatakan apa adanya dan belum dapat menyembunyikan sesuatu dalam jiwanya.
Konsepsi Sosiologis
  • Pada awalnya tiap anak adalah asosial (prasosial)
  • Berikutnya menjadi sosial-melalui proses adaptasi dan seleksi
Konsepsi Bio Sosial
  1. Hidup adalah belajar
  2. Tiap manusia untuk mempertahankan hidupnya perlu belajar, dengan belajar ia akan berkembang
  3. Untuk belajar memerlukan kemasan biologis dan sosial
  4. Empat faktor yang terkait dengan teori ini: kemasan phisik, tekanan sosial, nilai-nilai pribadi, gabungan ketiganya.

Sumber: Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komen o yo rek,, *suwun