Jumat, November 18, 2011

Contoh Skenario Role Playing Materi Ekonomi ; Barter, Uang


·         MC 1 diperankan oleh
·         MC 2 diperankan oleh
·         Ibu Siti diperankan oleh
·         Bapak Bambang diperankan oleh
·         Ibu Diana diperankan oleh

Teater Perjalanan waktu

MC 1
: Selamat datang di Teater perjalanan waktu. Kita akan kembali ke zaman dahulu saat terjadi penemuan barang yang sangat penting dan selalu kita gunakan setiap hari. Apakah penemuan itu? Uang.

MC 2: Percaya atau tidak, uang adalah suatu penemuan. Hari ini kita menggunakan uang kertas, uang koin, cek, atm, ataupun kartu kredit untuk berbelanja, tapi tidak seperti ini pada zaman dahulu.

MC 1: Hari ini kita akan melakukan perjalanan kembali pada tahun 1854 pada saat kedudukan pemerintahan Belanda.

MC 2: Setting kita di tahun 1854 ini adalah di daerah Malang, di sebuah toko milik Ibu Siti. Toko itu menjual banyak barang seperti pakaian, peralatan dapur, benih tanaman, bahan-bahan makanan, dan sebagainya.

MC 1: suatu hari Ibi Siti sedang mengobrol dengan bapak bambang, salah satu pelanggannya. Kemudian seorang guru yaitu Ibu Diana dari Medan datang ke toko tersebut.

(Ibu Siti sedang duduk di tokonya, kemudian bapak bambang masuk dan berbincang-bincang)

Pak Bambang : Selamat pagi ibu!

Ibu Siti            : Iya, selamat pagi, ada yang bisa saya bantu?

Pak bambang : saya perlu pinjaman 2 karung benih jagung untuk menanam tanaman di ladang saya.  Sebagai pembayaran, saya akan memberikan bagian dari panen saya tahun depan untuk dijual di toko Anda.

Ibu Siti : Saya minta maaf pak. Saya tidak bisa memberikan hutang tahunan untuk benih, apalagi anda membayarnya dengan hasil panen. Anda bisa mencari pinjaman ke pedagang yang lain.

Bapak bambang:  Bagaimana pertanian saya bisa tumbuh tanpa modal dari hutang ini. Ya sudahlah walaupun tidak mendapat hutang, Sekarang saya perlu membeli bahan makanan. Saya ingin menukar 5 kg beras, dan 1 keranjang telur ini untuk  gula dan minyak goreng.

Ibu siti: saya tidak bisa menerima telur ini, karena saya takut telur tidak bertahan lama, namun 5 kg beras anda bisa ditukar dengan 1 kg gula dan ½ liter minyak goreng. Saya bisa menjual beras ini lagi untuk pelanggan lain.  Dan saya pikir saya memiliki pelanggan baru sekarang. Selamat datang di toko saya. Ada yang bisa saya bantu??
(Ibu Diana masuk ke toko dan menyapa sambil berjabat tangan)

Ibu diana: selamat pagi! saya ibu diana, saya baru saja tiba dari Medan untuk mengambil pekerjaan baru disini sebagai guru.  Kebetulan rumah saya dua blok di kanan toko anda ini. Saya perlu membeli  1 lusin piring dan sendok. Saya mempunyai tembakau dan kambing di rumah, juga  beberapa lembar uang dolar sumatra, dan 15 gulden hindia belanda.

Ibu Siti: wah . . . , uang gulden hindia belanda yang langka, banyak orang ingin memilikinya karena uang tersebut dapat diterima disemua daerah.

Ibu diana: saya berharap dapat menggunaan dolar sumatra dan tembakau untuk membayar barang yang saya beli.

Pak Bambang : pemerintah sepertinya telah menyatakan bahwa uang daerah seperti dolar sumatra dan rupiah jawa sudah tidak berlaku lagi, juga tembakau di daerah ini tidak ada harganya karena sudah banyak beredar.

Ibu diana: kambing saya tentu senilai lebih dari barang-barang yang ingin saya beli, tapi tidak mungkin saya bisa memotong kambing saya setengah untuk membayar barang-barang yang saya beli.

Pak Bambang : setiap daerah berkembang dengan cepat, kita membutuhkan uang yang memadai dan sistem kredit yang baik agar ekonomi daerah ini bisa tumbuh dan makmur.

Ibu Siti: baiklah, karena anda pelanggan baru anda dapat menukarkan 10 gulden yang anda miliki dengan barang-barang yang anda butuhkan tadi.

Ibu Diana: Sungguh? Terimakasih banyak kalau begitu.

Ibu Siti : iya sama-sama, Ini barang anda.

Ibu diana: terimakasih sekali lagi, kapan-kapan mampirlah ke rumahku pak bambang..bu siti..

Pak bambang+Ibu Siti: tentu saja..

Ibu Diana : saya pulang dahulu, sampai bertemu lagi!!!

(Ibu Diana beranjak pulang)

(THE  END)

4 komentar:

  1. w pengen nanya role playing ne,,,
    minta alamat email to facebooknya dong.TQ

    BalasHapus
  2. Halo, saya bernama MORAIDA LUNA. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu aku tegang finansial, dan karena putus asa, saya telah scammed oleh beberapa lender online. Aku hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal bernama Ibu Amanda yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari $ 53.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena itu saya berjanji saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda membutuhkan setiap pinjaman apapun, hubungi dia melalui email nya: amandarichardsonloanfirm@gmail.com.
    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya moraidaluna@gmail.com.
    Sekarang, semua saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekeningnya bulanan.

    BalasHapus
  3. Hello Am Mrs, Morgan debra Am pemberi pinjaman pinjaman yang sah dan dapat diandalkan memberikan pinjaman
    pada syarat dan ketentuan yang jelas dan dimengerti pada tingkat bunga 2%. dari
    $ 12.000 untuk $ 7.000.000 USD, Euro dan Pounds Hanya. Saya memberikan Kredit Usaha,
    Pinjaman Pribadi, Pinjaman Mahasiswa, Kredit Mobil Dan Pinjaman Untuk Bayar Off Bills. jika Anda
    membutuhkan pinjaman apa yang harus Anda lakukan adalah bagi Anda untuk menghubungi saya secara langsung
    di: morgan debra 1986@gmail.com
    Semoga Tuhan Memberkati.
    Salam,
    Mrs Morgan debra
    Email: morgandebra1986@gmail.com
    Catatan: Semua balasan harus kirim ke: morgandebra1986@gmail.com

    BalasHapus
  4. Kami disetujui pemerintah dan pemberi pinjaman kredit bersertifikat Perusahaan kami tidak menawarkan pinjaman mulai dari pribadi untuk pinjaman industri untuk orang yang tertarik atau perusahaan yang mencari bantuan keuangan pada tingkat bunga dinegosiasikan 2% kesempatan untuk membersihkan dept Anda., Mulai atau meningkatkan bisnis Anda dengan pinjaman dari pinjaman perusahaan kami diberikan di Pounds (£), dollar ($) dan Euro. Jadi mengajukan pinjaman sekarang orang yang tertarik harus menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut. Mengisi informasi data peminjam. Hubungi kami sekarang melalui: jenniferdawsonloanfirm20@gmail.com
    (2) Negara:
    (3) Alamat:
    (4) Kota:
    (5) Sex:
    (6) Status Pernikahan:
    (7) Bekerja:
    (8) Nomor Ponsel:
    (9) Penghasilan Bulanan:
    (10) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
    (11) Jangka waktu pinjaman:
    (12) Tujuan Pinjaman:

    Terima kasih atas pengertian Anda karena kami berharap untuk mendengar dari Anda segera.

    E-Mail: jenniferdawsonloanfirm20@gmail.com

    BalasHapus

komen o yo rek,, *suwun