Rabu, Maret 07, 2012

Contoh RPP Tematik untuk Sekolah Dasar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK

Satuan Pendidikan    : SD/MI
Kelas/Semester    : I (Satu)/ I (Satu)
Tema            : Diri Sendiri
Sub Tema        : Berkenalan
Pertemuan/ Hari    : I/Selasa
Alokasi Waktu    : 5 X 35 menit

Pendidikan Kewarganegaraan
a.    Kompetensi Dasar:
1.1 Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
b.    Indikator:
      1.    Membedakan nama teman berdasarkan jenis kelamin
      2.    Mengelompokkan teman sekelas berdasarkan agama
      3.    Menuliskan teman sekelas  berdasarkan suku bangsa
Bahasa Indonesia
a.    Kompetensi Dasar:
3.1 Membaca nyaring suku kata dan kata dengan lafal yang tepat.
b.    Indikator:
       1.    Membaca suku kata dengan lafal yang jelas.
       2.    Membaca kata dengan lafal yang jelas.
Matematika
a.    Kompetensi Dasar:
1.1 Membilang banyak benda
b.    Indikator:
      1.    Membilang banyaknya benda
      2.    Menulis lambang bilangan
      3.    Membaca lambang bilangan
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
a.    Kompetensi Dasar:
1.1 Mengenal bagian-bagian tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.
b.    Indikator:
      1.    Menyebutkan bagian-bagian anggota tubuh
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
a.    Kompetensi Dasar:
1.1 Mengidentifikasi identitas diri, keluarga, dan kerabat.
b.    Indikator:
       1.    Menyebutkan identitas diri sendiri
       2.    Menuliskan identitas keluarga
       3.    Menceritakan identitas kerabat

Tujuan: Mengenal berbagai teman dan identitas diri sendiri, keluarga, dan kerabat serta mengetahui anggota tubuh

Metode: Ceramah, tanya jawab, demonstrasi, penugasan
Materi Pokok:
1.    Pendidikan Kewarganegaraan: perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa
2.    Bahasa Indonesia: membaca suku kata
3.    Matematika: bilangan
4.    Ilmu Pengetahuan Alam (IPA): bagian-bagian anggota tubuh
5.    Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS: identitas diri, keluarga, dan kerabat.

Strategi Kegiatan Pembelajaran:
1.    Pembukaan (1 X 35 menit)
•    Siswa dan guru menyanyikan lagu “dua mata”
•    Siswa bertanya jawab tentang isi lagu
•    Siswa mendengarkan guru menyampaikan materi pembelajaran dan tujuan pembelajaran
2.    Inti (3 X 35 menit)
•    Siswa maju ke depan kelas menunjukkan anggota tubuh
•    Guru menempelkan gambar anggota tubuh yang belum lengkap
•    Siswa melengkapi gambar tersebut sehingga menjadi anggota tubuh yang utuh
•    Siswa menuliskan nama-nama anggota tubuh berserta banyaknya sesuai dengan kartu bilangan yang telah ditempelkan guru pada gambar anggota tubuh
•    Siswa bersama guru membaca nama-nama anggota tubuh beserta nama bilangan masing-masing jumlah anggota tubuh
•    Guru membagikan LKS
•    Siswa mengerjakan LKS tentang identitas diri, keluarga, dan kerabat
•    Siswa secara bergantian maju ke depan kelas membacakan hasil pekerjaan LKS supaya saling mengenal
•    Pada kegiatan selanjutnya, siswa mengerjakan LKS yang berisi mengelompokkan teman sekelas berdasarkan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.
3.    Penutup (1 X 35 menit)
•    Siswa menyimpulkan pelajaran yang telah dilakukan
•    Penyampaian pesan moral oleh guru
•    Siswa diberikan tugas rumah
•    Berdoa dan salam penutup pembelajaran


Sarana dan Sumber Belajar: Anggota tubuh, Gambar anggota tubuh, kartu bilangan, LKS

Penilaian:
a.    Prosedur Penilaian
      1.    Proses    : dilakukan selama proses pembelajaran
      2.    Hasil       : dilakukan pada akhir pembelajaran
b.    Jenis Penilaian
      1.    Proses    : Non Test (lisan dan perbuatan)
      2.    Hasil       : Test (tulis)
c.    Teknik Penilaian
      1.    Proses    : Observasi/pengamatan/perbuatan
      2.    Hasil       : Tulis/lisan
d.    Bentuk Penilaian
      1.    Proses    : Obyektif
      2.    Hasil       : Subyektif
e.    Alat Penilaian
      1.    Proses    : lembar pengamatan
      2.    Hasil       : soal evaluasi, kunci jawaban, dan standar penskoran

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komen o yo rek,, *suwun