Kamis, Januari 24, 2013

inovasi pembelajaran kontekstual


INOVASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL

Konsep Dasar dan Karakteristik Pembelajaran Kontekstual
Merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka.
Pembelajaran Kompetensi: Merupakan suatu sistem atau pendekatan pembelajaran yang bersifat holistik (menyeluruh), terdiri dari berbagai komponen yang saling terkait, apabila dilaksanakan masing-masing memberikan dampak sesuai dengan peranannya.

Karakteristik Penting CTL
·         Pembelajaran merupakan proses pengaktifan pengetahuan yang sudah ada
·         Belajar dalam rangka memperoleh dan menambah pengetahuan baru yang diperoleh dengan cara dedukatif
·         Pemahaman pengetahuan
·         Mempraktekkan pengetahuan dan pengalaman
·         Melakukan refleksi terhadap strategi pengembangan pengetahuan

Pendekatan Pembelajaran Kontekstual
Pendekatan pembelajaran kontekstual menekankan pada aktivitas siswa secara penuh, baik fisik maupun mental.
Belajar bukanlah kegiatan menghafal, mengingat fakta-fakta, ataupun mendemonstrasikan latihan secara berulang-ulang, akan tetapi menekankan pada proses berpengalaman dalam kehidupan nyata.

Prinsip Pembelajaran Kontekstual
Ketergantungan (interdependence)
Diferensiasi (differentiation)
Pengorganisasian Diri
(Self Organization)
Perbedaan Pembelajaran Kontekstual
dengan Pembelajaran Konvensional
Konteks
Kontekstual
Konvensional
1
2
3
Hakikat
Kehidupan nyata
Konsep  teori abstrak
Model Pembelajaran
Kegiatan kelompok
Kegiatan individual
Kegiatan Pembelajaran
Siswa sebagai subjek
Siswa sebagai objek
Kebermaknaan
Pengalaman kehidupan nyata
Latihan dan dril
Tindakan dan Perilaku Siswa
Menumbuhkan kesadaran diri
Faktor luar
Tujuan
Tentatif
Final dan absolute


Asas-Asas dalam Pembelajaran Kontekstual
Konstruktivisme
Inkuiri
Bertanya  (Questioning)
Masyarakat Belajar
Permodelan (Modeling)
Refleksi (Reflection)
Penilaian Nyata

Model Pembelajaran Kontekstual
Invitasi : Mengemukakan pengetahuan awal
Eksplorasi : Menyelidiki dan menemukan konsep
Penjelasan dan Solusi : Memberi penjelasan solusi
Pengambian Tindakan : Membuat keputusan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komen o yo rek,, *suwun