Jumat, Mei 17, 2013

rangkuman kurikulum implementatif SMA


KURIKULUM IMPLEMENTATIF SMA, SMK & MA

1.      Pengertian kurikulum
a.       UU No.20 tahun 2003 ttg Sisdiknas Ps. 1 Ayat 19): seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran yang direncanakan.
b.      Kurikulumadalahsuatupedoman yang  terencanadanterorganisirdimanadidalamnyatercakuptujuan, pembelajar, pebelajar,saranadanprasarana, alat/bahan, evaluasiuntukmenciptakansuatupengalamanbelajarpadapebelajardibawahtanggungjawabsekolahataulembagapenyelenggarapendidikanuntukmencapaisuatutujuan.
2.      KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan): kurikulum yang disusun oleh satuan pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah, kekhasan, satuan pendidikan serta peserta didik.
3.      Landasan KTSP:
a.       Landasan Filosofi: pendidikan memegang peranan penting untuk menjamin kelangsungan hidup negara dan bangsa karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia.
b.      Landasan Yuridis:
1)      UUD 1945
2)      UU RI No.20 Tahun 2003 ttg Sistem Pendidikan Nasional
3)      Pasal 36 ayat 1-4
4)      Pasal 37 ayat 1-3
5)      Pasal 38 ayat1-2
4.      Kerangka Dasar Kurikulum Pendidikan Umum:
a.       Kelompok mata pelajaran dan cakupannya
b.      Prinsip pengembangan kurikulum
c.       Prinsip pelaksanaan kurikulum
5.      Berdasarkan panduan yang disusun oleh BSNP
a.       KTSP dirumuskan berdasarkan tujuh prinsip berikut:
1)      Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
2)      Beragam dan terpadu
3)      Tenggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
4)      Relevan dengan kebutuhan kehidupan
5)      Menyeluruh dan berkesinambungan
6)      Belajar sepanjang hayat
7)      Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.
b.      KTSPdirumuskandenganmengacukepada:
1)      peningkatanimandantakwasertaakhlakmulia
2)      peningkatanpotensi, kecerdasan, danminatsesuaidengantingkatperkembangandankemampuanpesertadidik
3)      keragamanpotensidankarakteristikdaerahdanlingkungan
4)      tuntutanpembangunandaerahdannasional
5)      tuntutanduniakerja
6)      perkembanganilmupengetahuan, teknologi, danseni
7)      Agama
8)      dinamikaperkembangan global
9)      persatuannasionaldannilai-nilaikebangsaan
10)  kondisisosialbudayamasyarakatsetempat
11)  kesetaraanjender
12)  karakteristiksatuanpendidikan.
c.       Komponen KTSP
1)      Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan
2)      Struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan
3)      Kalender pendidikan
d.      Struktur Kurikulum
1)      Kelompok mapel agama dan akhlak mulia
2)      Kelompok mapel kewarganegaraan dan kepribadian
3)      Kelompok mapel ilmu pengetahuan dan teknologi
4)      Kelompok mapel estetika
5)      Kelompok mapel jasmani, olahraga dan kesehatan
e.       Pengembangan kurikulum
Paradigma Lama
Paradigma Baru
Pengajaran dikelas
Pengajaran eksploratif
Penyerapan informasi secara pasif
Sistem magang untuk menyerap informasi secara aktif
Bekerja secara individual
Belajar berkelompok
Guru sebagai sumber tunggal
Guru berperan sebagai pembantu
Isi pelajaran relatif tetap
Isi pelajaran berubah secara tepat
Strategi relatif homogen
Strategi relatif heterogen

f.       Fungsi Evaluasi:
1)      Evaluasimerupakanalat yang pentingsebagaiumpanbalikbagisiswa
2)      Evaluasimerupakanalat yang pentinguntukmengetahuibagaimanaketercapaiansiswadalammenguasaitujuan yang telahditentukan
3)      Evaluasidapatmemberikaninformasiuntukmengembangkan program kurikulum.
4)      Informasidarihasilevaluasidapatdigunakanolehsiswasecara individual dalammengambilkeputusan
5)      Evaluasibergunauntukparapengembangkurikulumkhususnyadalammenentukankejelasantujuankhusus yang ingindicapai
6)      Evaluasiberfungsisebagaiumpanbalikuntuksemuapihak yang berkepentingandenganpendidikan di sekolah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komen o yo rek,, *suwun