Jumat, Mei 17, 2013

Rangkuman Media Pembelajaran Part 1

MEDIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN

1.      Guru yang berkualitas:guru yang memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yakni yang memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional (UUD RI No. 14 th 2005 ttg Guru dan Dosen).
2.      Lemahnya mutu pendidkan:
a.       Keterbatasan media pembelajaran
b.      Lemahnya kemampuan guru menciptakan media
c.       Terbatasnya alat-alat teknologi pembelajaran
3.      Pendidikan
a.       Ditinjau dari prosesnya, pendidikan: komunikasi, karena dalam proses pendidikan terdapat komunikator, komunikan dan pesan, yakni sebagai komponen-komponen komunikasi.
b.      Menurut hakikatnya, pendidikan dirumuskan dari sudut normatif adalah suatu peristiwa yang memiliki norma yaitu peristiwa pendidikan, pendidik dan anak didik berpegang pada ukuran, norma hidup, pandangan terhadap individu dan masyarakat, nilai-nilai moral, kesusilaan yang semuanya merupakan sumber norma dalam pendidikan.
c.       Pendidikan dari sudut proses teknis (dari segi peristiwanya): suatu kegiatan praktis yang berlangsung dalam satu masa dan terikat dalam satu situasi serta terarah pada satu tujuan.
4.      Pembelajaran: usaha-usaha yang ter encana dalam memanipulasi sumber-sumber belajar agar terjadi proses belajar dalam diri siswa
5.      Prinsip yang perlu diperhatikan:
a.       Proses pembelajaran menghasilkan perubahan perilaku anak didik yang relatif permanen (guru dan dosen sebagai pelaku perubahan)
b.      Anak didik memilki potensi, gandrung, dan kemampuan yang merupakan benih kodrati untuk ditumbuhkembangkan tanpa henti. (optimalisasi potensi diri sehingga dicapailah kualitas diri yang ideal.
c.       Perubahan atau pencapaian kualitas ideal itu tidak tumbuh linear sejalan proses kehidupan: proses belajar mengajar memang merupakan bagian dari kehidupan sendiri, tetapi ia didesain secara khusus, dan diniati demi tercapainya kondisi atau kualitas ideal.
6.      Media pembelajaran: penyalur atau penghubung pesan ajar yang diadakan atau diciptakan secara terencana oleh para guru atau peserta didik.
Media Pembelajaran: segala sesuatu yang dapat menyampaikandan menyalurkan pesan dari sumber secara terencana sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif.
Media Pembelajaran Menurut AECT:  segala bentuk yang digunakan orang untuk menyalurkan pesan atau informasi.
7.      Bahasa Verbal adalah semua jenis komunikasi yang menggunakan satu kata atau lebih. Bahasa non-verbal adalah semua pesan ayng disampaikan tanpa kata-kata atau selain dari kata-kata yang digunakan.

Kegagalan komunikasi disebabkab oleh gangguan sbb:
a.       Faktor Raw Input, yaitu faktor siswa itu sendiri, yaitu tiap siswa memiliki kondisi yang berbeda-beda, baik fisiologis dan psikologis.
b.      Faktor Environmental Input, yaitu faktor lingkungan sosial ataupun lingkungan alam.
c.       Faktor Instrumental Input, diantaranya meliputi kurikulum, bahan, atau sarana, guru.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROSES BELAJAR DAN HASIL BELAJAR
1.      Teori Belajar dapat dikelompokkan ke dalam dua macam aliran, yaitu:
a.       Disiplin Mental atau psikologis daya: memandang bahwa otak manusia terdiri atas sejumlah daya yang beraneka ragam. Belajar pada prinsipnya adalah melatih daya-daya mental.
b.      Behaviorisme atau psikologis tingkah laku: mengganggap tingkah laku manusia merupakan kumpulan respon terhadap rangsangan.
2.    Respon ini meliputi dua macam, sehingga menimbulkan dua macam aliran:
a.      Koneksionis atau asosianisme: tingkah laku itu merupakan respon terhadap stimulus tertentu. Penganut aliran ini menganggap bahwa suatu stimulus (S) mempunyai ikatan dengan response (R) tertentu.
b.      Kognitif atau Gesalt: proses kognitif atau insight (pemahaman/wawasan) merupakan ciri fundamental (asasi) dari respon manusia.
3.    Faktor-faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar
a.       Faktor Internal
1)      Faktor Fisiologis: kesehatan, tidak dalam keadaan lelah dan capek, tidak dalam keadaan cacat jasmani akan membantu dalam proses dan hasil belajar.
2)      Faktor Psikologis: intelegensi, perhatian, minat dan bakat, motif dan motivasi, kognitif dan daya nalar.
b.      Faktor Eksternal
1)      Faktor Lingkungan
a)      Lingkungan fisik atau alam: keadaan suhu, kelembaban, kepengapan udara, dsb.
b)      Lingkungan sosial: manusia dan hal-hal lainnya.
2)      Faktor Instrumental: Kurikulum, Sarana dan fasilitas dan guru.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komen o yo rek,, *suwun