Jumat, Mei 17, 2013

Rangkuman Media Pembelajaran Part 2


FUNGSI MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Fungsi Media Pembelajaran
a.       Fungsi Media Pembelajaran Sebagai Sumber Belajar
b.      Fungsi Semantik:  kemampuan media dalam menambah perbendaharaan kata (simbol verbal) yang makna atau maksudnya benar-benar dipahami peserta didik.
c.       Fungsi manipulatif: didasarkan pada ciri-ciri umum yang dimiliki, media memiliki dua kemampuan yakni mengatasi ruang dan waktu dan mengatasi keterbatasan inderawi.
1)      Kemampuan media pembelajaran dalam mengatasi batas ruang dan waktu: kemampuan menghadirkan objek atau peristiwa seperti bencana alam, proses metamorfosis kupu-kupu, peristiwa searah, dll.
2)      Kemampuan media pembelajaran dalam mengatasi keterbatasan inderawi manusia: membantu siswa memahami objek yang sangat sulit dipahami karena terlalu kecil seperti molekul, sel atau membantu siswa dalam memahami objek yang bergerak terlalu cepat atau terlalu lambat seperti metamorfosis.
d.      Fungsi Psikologis:
1)      Fungsi Atensi: media pembelajaran dapat meningkatkan perhatian siswa terhadap materi pelajaran.
2)        Fungsi Afektif: menggugah perasaan, emosi dan tingkat penerimaan atau penolakan siswa terhadap sesuatu.
3)        Fungsi Kognitif: memperoleh dan menggunakan bentuk-bnetuk representasi yang mewakili objek-objek yang dihadapi baik objek itu berupa orang, benda atau kejadian atau peristiwa.
4)        Fungsi Imajinatif: media pembelajaran dapat meningkatkan dan mengembangkan imajinasi siswa yang menimbulkan kreasi objek-objek baru sebagai rencana bagi masa depan.
5)        Fungsi Motivasi: seni mendorong siswa untuk terdorong melakukan kegiatan belajar sehingga tujuan pelajaran tercapai.
e.         Fungsi Sosio-Kultural: mengatasi hambatan sosio-kultur ( suku, adat, keyakinan, lingkungan, pengalaman) antar peserta komunikasi pembelajaran.
2.      Media dalam prose pembelajaran dapat dikelompokkan menjadi 4 kelompok besar, yaitu:
a.       Media Audio: media yang melibatkan indera pendengaran dan hanya mampu memanipulsi kemampuan suara saja seperti pesan verbal (bahasa lisan atau kata-kata), dan pesan nonverbal (bunyi-bunyian dab vokalisasi).  
1)      Kelebihan media audio: mampu mengatasi keterbatasan ruang dan waktu serta memungkinkan menjangkau sasaran yang luas, mampu mengembangkan daya imajinasi pendengar, mampu memusatkan perhatian siswa pada penggunaan kata-kata, bunyi dan arti dari kata/ bunti itu.
2)      Kekurangan media audio: komunikasinya hanya stu arah dan hanya mengandalkan slah satu dari kelima indera kita.
3)      Penyaian bahan program media audio: talkshow dan diskusi, drama atau sandiwara, bercerita/ berdongeng, model (model-audio adalah materi program ini dharapkan dapat ditiru oleh pendengarnya, musik dan lagu.
4)      Jenis media yang termasuk media ini adalah program radio dan program media rekam yang disalurkan melalui hardware seperti radio dan alat-alat perekam seperti phonograph record, open reel tapes, cassette tapes, compact disk.
b.    Media Visual: media yang hanya melibatkan indera penglihatan.
1)      Karakteristik media visual
a)      Pesan Visual: gambar, grafi(grafik garis, grafik batang, grafik lingkaran dan grafik simbol), diagram, bagan (bagan organisasi, bagan arus, bagan pohon, bagan proses), peta,.
b)      Penyalur Pesan Visual-Nonverbal-Grafis: buku dan modul
2)      Jenis media yang termasuk dalam media ini diantaranya adalah media cetak-verbal (pesan linguistik berbentuk tulisan), media cetak-grafis (gambar, sketsa, lukisan, foto, grafik, diagram, peta dan bagan), dan media visual non-cetak (miniatur, mock up, specimen, dan diorama). Jenis media yang pertama dan kedua bisa dibuat dalam bentuk media seperti buku, majalah, koran, modul, komik, poster, atlas, dl).
c.       Media Audio Visual: media yang melibatkan indera pendengaran dan penglihatan sekaligus dalamm satu proses. Media audiovisual dibagi menjadi 2 jenis, jenis pertama dilengkapi fungsi peralatan suara dan gambar dalam stu unit (media audio visual murni), yang kedua media audiovisual tidak murni yakni peralatan visual lainnya bila diberi unsur suara dari rekaman kaset yang dimanfaatkan secara bersamaan dalam satu waktu.
1)      Manfaat dan karakteristik  media audio visual:
a.       Mengatasi keterbatasan jarak dan waktu
b.      Mampu menggambarkan perstiwa-peristiwa masa lalu secara realistis dalam waktu yang singkat
c.       Film dapat membawa anak dari negara yang satu ke negara yang lain dan dari masa yang satu ke masa yang lain
d.      Pesan yang disampaikannya cepat dan  mudah diingat
e.       Mengembangkan pikiran dan pendapat siswa
f.       Memperjelas hal-hal yang abstrak dan memberikan gambaran yang lebih realistis.
2)      Kelemahan media audiovisual:
a.       Terlalu menekankan pentingnya materi daripada prose pengembangan materi tersebut.
b.      Memerlukan biaya yang banyak dalam pembuatannya.
3)      Jenis media audiovisual
a)      film: film dokumenter, film docudrama ( film-film dokumenter yang membutuhkan pengadeganan), film drama dan semidrama , dll.
b)      Video: video pita magnetik, video disc, dll.
c)      Televisi: bersifat langsung dan nyata serta disajikan peristiwa yang sebenarnya, memperluas tinjauan kelas, melintasi berbagai daerah atau negara, dapat menciptakan kembali peristiwa masa lampau, menarik minat anak, dll. Tepai televisi bersifat satu arah.
d)     Multimedia: media yang melibatkan berbagai indera dalam sebuah proses pembelajaran. Media yang termasuk dalam media ini adalah segala sesuatu yang memberikan pengalaman secara langsung, bisa melalui:
1)      Komputer: multimedia presentasi, program multimedia interaktif, sarana simulasi, video pembelajaran, e-learning.
2)      internet
3)      pengalaman langsung: pengalaman berbuat, pengalaman terlibat (permainan dan simulasi, bermain peran dan forum teater, (lingkungan nyata dan karyawisata).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komen o yo rek,, *suwun