Jumat, Mei 17, 2013

Rangkuman RSBI


SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL DAN STANDAR EVALUASI

1.      Kriteria SMA BI:
a.       Menggunakan Bilingual System sbg. Bahasa pengantar dalam pembelajaran
b.      Menerapkan kurikulum berstandar internasional
2.        Sekolah bertaraf internasional adalah sekolah yang memakai kurikulum yang memenuhi standar isi dan standar kompetensi lulusan seperti sekolah yang merupakan salah satu negara anggota Organization forEconomic Co-operation and Development (OECD) atau negara maju yang mempunyai keuanggulan tertentu dalam bidang pendidikan.
3.        Kurikulum yang digunakan dalam SMA BI:
a.       Adaptasi: penyesuaian unsur-unsur tertentu yang sudah ada dalam standar isi dan standar lulusan dengan salah satu sekolah dari anggota OECD.
b.      Adopsi: penambahan unsur-unsur yang belum ada dalam standar isi dan standar kompetensi lulusan dengan salah satu sekolah dari anggota OECD.
4.        Syarat sekolah nasional menjadi sekolah RSBI:
a.       Akreditasi: Berakredasi A dari BAN sekolah dan Madrasah serta lembaga akreditasi dari salah satu negara anggota OECD.
b.      Kurikulum standar isi dan satndar kompetensi lulusan: Menerapkan KTSP (sistem administrasi akademik berbasis TIK), memenuhi standar isi dan memenuhi SKL.
c.       Memenuhi proses pembelajaran: proses pembelajaran pada semua mapel telah menjadi teladan bagi sekolah lainnya, proses pembelajaran telah diperkaya dengan model-model pembelajaran sekolah yang unggul, penerapan proses pembelajaran berbasis TIK pada semua mapel, pembelajaran menggunakan pengantar bahasa inggris kecuali bahasa indonesia.
d.      Sistem atau model penilaian telah menggunakan model penilaian dari sekolah unggul di salah satu negara anggota OECD.
e.       Pendidik: memenuhi standar pendidik (guru mampu mengajar dalam bahasa inggris, menggunakan pembelajaran berbasisi TIK, minimal 20% guru berpendidikan S2/S3 yang program studinya terakreditasi A.
f.       Tenaga Kependidikan: memenuhi standar tenaga kependidikan (kepela skolah berpendidikan minimal S2, kepsek menempuh pelatihan kepala sekolah yang diakui pemerintah, mampu brbahasa inggris secara aktif, dsb.
g.      Sarana dan prasarana: ruang kelas dilengkapi sarana berbasis TIK, perpustakaan dilengkapi dengan sarana digital, sekolah dilengkapi dengan ruang multimedia, ruang seni budaya, fasilitas olahraga, klinik, dsb.
h.      Pengelolaan: sekolah meraih sertifikat ISO 9001 versi 2000 atau sesudahnya (2001, dst) dan ISO 14000, merupakan sekolah multikultural, menjalin hubungan dengan sekolah bertaraf internasional di luar negeri, terbebas dari rokok, kekerasan, kriminal, pelecehan seksual, dll.
i.        Pembiayaan: menerapkan model pembayaran yang efisien untuk mencapai berbagai target indikator kunci tambahan.
5.        Latar belakang program SBI:
a.       Banyak sekolah yang didirikan oleh yayasan menggunakan identitas internasional tetapi tidak jelas kualitas dan standarnya
b.      Banyak orang tua yang mampu menyekolahkan anaknya ke luar negeri
c.       Perlunya membangun sekolah yang berkualitas sbg. Pusat unggulan
d.      Perlunya pengakuan bangsa indonesia secara internasional.
6.        Acuan dalam melakukan penilaian:
a.       Penilaian Acuan Norma (PAN): standar penilaian yang dilakukan dengan mengacu pada norma kelompok, nilainya diperbandingkan dengan nilai-nilai siswa yang lain.
b.      Penilaian Acuan Patokan (PAP): standar penilaian yang dilakukan dengan dikomparasikan dengan kriteria yang telah ditentukan terlebih dahulu dalam tujuan interaksional.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komen o yo rek,, *suwun