Jumat, Mei 17, 2013

Rangkuman validitas & Reliabilitas



VALIDITAS DAN RELIABILITAS

1.      Pengertian validitas:sejauh mana kecermatan atau ketepatan alat ukur dalam melakukan fungsinya. Contohnya jika ingin mengetahui berat badan alat ukur yang digunakan adalah timbangan bukan meteran atau termometer.
2.      Evaluasi: kegiatan mengukur dan menilai, pengukuran: pemberian angka kepada suatu atribut atau karakteristik tertentu yang dimiliki orang, hal atau objek tertentu menurut aturan atau formulasi yang jelas, penilaian: suatu proses untuk mengambil keputusan dengan menggunakan informasi yang diperoleh melalui pengukuran hasil belajar baik yang menggunakan tes maupun nontes.
3.      Macam validitas:
a.       Validitas logis: instrumen evaluasi menunjukkan sebagai instrumen yang valid berdasarkan hasil penalaran. Dipandang terpenuhi ababila instrumen yang bersangkutan sudah dirancang dengan baik, sesuai teori dan ketentuan yang ada.
·         Validitas isi: sebuah instrumen menunjuk suatu kondisi sebuah instrumen yang disusun berdasarkan isi materi pelajaran yang dievaluasi.
·         Validitas konstruk: sebuah instrumen yang disusun berdasarkan konstrak aspek-aspek kejiwaan yang seharusnya dievaluasi.
b.      Validitas empiris: instrumen memiliki validitas empiris apabila sudah diuji dari pengalaman.
·         Validitas ada “sekarang”: instrumen yang kondisinya sesuai dengan kriteria yang sudah tersedia.
·         Validitas predictive: instrumen yang kondisinya sesuai dengan kriteria yang diramalkan akan terjadi.
4.      Faktor-faktor yang mempengaruhi Validitas:
a.       Faktor dari dalam tes itu sendiri: pentunjuk yang tidak jelas, penggunaan kosakata dan struktur kalimat yang sulit dimengerti, ambiguitas, alokasi waktu yang tidak cukup, penekanan yang berlebihan terhadap aspek tertentu, kualitas butir soal yang tidak memadai untuk mengukur hasil belajar, susunan tes yang jelek, tes terlalu pendek, penyusunan butir soal yang tidak runtut, pola jawaban yang mudah ditebak.
b.      Faktor brfungsinya tes dan prosedur mengajar
c.       Faktor administrasi dan penskoran
d.      Faktor tanggapan siswa
e.       Hakikat kelompok dan kriteria
5.      Definisi Reliabilitas:adalah ketetapan suatu tes apabila diteskan kepada subyek yang sama.
*Sebuahalatukur yangvalid selalureliabel. Akan tetapialatukur yang reliabelbelumtentu valid.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komen o yo rek,, *suwun