Jumat, April 10, 2015

Artikel ...



Membuat Iklan Bahasa Inggris Bergambar yang Menarik

Iklan merupakan media untuk  promosi yang menawarkan produk, jasa maupun bentuk lain kepada khalayak umum. Media ini terbilang sangat ampuh untuk mengenalkan dan memikat masyaratakat atas apa yang ditawarkan. Banyak perusahaan rela mengeluarkan dana yang cukup besar untuk membayar biaya iklan. Agar lebih memancing perhatian, iklan biasanya menambahkan gambar-gambar yang menarik. Seiring perkembangan zaman, iklan tidak hanya untuk kalangan dalam negeri namun juga luar negeri, untuk itu perlu dibuat iklan bahasa inggris bergambar yang menarik.

Pada umumnya dalam membuat sebuah iklan, perusahaan memilih untuk menggunakan jasa agen periklanan (advertising agency). Jadi, agen periklananlah yang membuatkan desain dan pola iklannya. Hal ini mengakibatkan perusahaan membayar biaya lebih yaitu atas jasa pembuatan iklan serta biaya atas pemasangan izin iklan. Jika perusahaan itu membuat sendiri desain iklannya maka akan lebih hemat dalam mengeluarkan biaya. Untuk bisa membuat iklan sendiri perlu diketahui bagian-bagian yang harus ada dalam sebuah iklan agar menarik dan apa saja etika dalam beriklan.

Dengan adanya globalisasi sekarang ini menjadikan batas-batas negara sudah tidak menjadi penghalang, sehingga banyak perusahaan memperluas area pemasarannya. Hal tersebut menyebabkan banyak perusahaan memasarkan apa yang ditawarkan tidak hanya di dalam negeri, namun juga ke kancah luar negeri. Mengingat bahasa international adalah bahasa Inggris, maka kebanyakan iklan-iklan ditulis dengan bahasa inggris agar masyarakat memahami pesan yang disampaikan.

Bagian Penting dalam Iklan Bahasa Inggris Bergambar

Dalam sebuah iklan tentu harus ada bagian-bagian penting yang membentuk sebuah iklan, bagian-bagian yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut.

1.       Kata-kata
Iklan harus menggunakan kata-kata yang unik agar mampu membuat orang yang melihat tertarik dan berhenti sejenak untuk membaca dan memahami maknanya. Kalimat utama iklan atau tajuk iklan (headline) banyak yang menggunakan kata seru dan dibuat dengan huruf yang lebih besar, hal ini akan memberi kesan yang lebih kuat pada pembaca. Tajuk iklan ini merupakan bagian paling penting yang ada pada sebuah iklan yang diharapkan mampu mengundang perhatian pembaca.

Kalimat pada  tajuk iklan berupa kalimat pendek yang unik dan biasanya diletakkan pada bagian atas atau tengah iklan. Jadi, tajuk iklan merupakan bagian yang paling ditonjolkan pada sebuah iklan. Selain tajuk iklan, biasanya ada kalimat pada bagian penjelasan tentang produk atau yang diiklankan. Kalimat yang digunakan dalam bagian penjelas ini pada intinya adalah kalimat yang mengandung bujukan agar orang yang membacanya tertarik untuk membeli apa yang ditawarkan.

Jika iklan menggunakan bahasa inggris, maka perlu diperhatikan penggunaan kalimat yang baik, benar, menarik dan mudah diingat. Sesuaikan kata atau istilah dalam kalimat iklan dengan usia konsumen yang dibidik. Jika konsumen yang dibidik adalah anak-anak, maka gunakan kalimat yang sederhana agar mereka dapat memahami makna dari iklan tersebut. Sedangkan untuk konsumen usia dewasa gunakanlah kalimat yang sederhana dan simpel, namun memiliki nilai ajakan yang mampu menggugah pembaca.

2.       Gambar
Agar sebuah iklan lebih menarik maka kata-kata dalam iklan perlu disertai dengan gambar yang memukau. Sehingga kata-kata dan gambar menjadi suatu keterpaduan yang apik, yang mampu membuat orang yang melihat menjadi tertarik dan membaca lebih dalam lagi. Dengan demikian, pemilihan gambar menjadi salah satu hal yang juga perlu diperhatikan dalam membuat iklan bergambar.

Banyak perusahaan sengaja menyewa seorang artis untuk dijadikan model dalam gambar iklan yang menawarkan produk atau jasa mereka. Jika produk yang ditawarkan ditujukan ke beberapa negara lain, maka lebih baik menggunakan artis yang terkenal secara mendunia. Tujuannya adalah agar mereka yang mengenal sosok artis tersebut menjadi tertarik terhadap iklan. Tentu saja yang dipakai tidak sembarangan artis, namun artis yang sekiranya pantas atau sesuai dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Gambar yang ada pada sebuah iklan juga harus memperhatikan usia konsumen yang dibidik. Konsumen anak-anak memiliki kecenderungan menyukai tampilan yang cerah, ceria, full color, serta menggunakan gambar-gambar kartun yang mereka sukai. Tidak heran, jika banyak sekali tokoh kartun yang digunakan dalam menawarkan produk atau jasa kepada konsumen usia anak-anak. Sedangkan untuk konsumen dewasa gunakan gambar yang menarik, warna yang mencolok serta harus relevan dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Sehingga menjadikan iklan lebih sempurna untuk dilihat dan diperhatikan.

3.       Media untuk Iklan
Media yang digunakan untuk menyampaikan iklan merupakan salah satu hal juga harus diperhatikan. Perusahaan perlu memikirkan media yang spesifik untuk menyebarkan iklan bergambar ini. Media yang sesuai untuk menyebarkan iklan bergambar ini diantaranya adalah surat kabar, majalah, elektronik advertisement, televisi maupun papan reklame.

Pemilihan media ini harus disesuaikan dengan beberapa hal, diantaranya adalah sasaran konsumen yang dituju, jenis produk yang ditawarkan serta biaya yang dianggarkan perusahaan untuk iklan. Contoh, jika media yang digunakan adalah papan reklame, maka otomatis produk atau jasa yang ditawarkan adalah untuk umum, bukan produk dewasa sehingga aman untuk dilihat oleh anak-anak yang melintas sekalipun.

Jika perusahaan menyiapkan anggaran iklan yang jumlahnya kecil, maka lebih baik memilih media surat kabar atau majalah, dibandingkan papan reklame atau televisi yang pastinya akan menelan biaya tinggi. Jangan sampai biaya iklan memakan dana lebih tinggi dibandingkan manfaat yang akan diperoleh dari iklan tersebut. Budaya yang ada pada suatu negara tentunya berbeda dengan negara lain, untuk itu perusahaan juga perlu mempertimbangkan media periklanan yang pas di negara yang dituju.

Biasanya perusahaan menggunakan lebih dari satu media untuk menawarkan produk atau jasanya melalui iklan. Sehingga perusahaan harus membagi anggaran iklan yang telah disediakan untuk digunakan untuk membayar pada kombinasi media yang telah dipilih. Misalkan, setengah anggaran iklan untuk media televisi, seperempat  untuk surat kabar, dan seperempat lagi untuk elektronik advertisement. Pemilihan kombinasi ini tentunya harus dimusyawarahkan dahulu dengan orang-orang perusahaan yang ditugaskan untuk mengurusi iklan.

Etika dalam Beriklan

Dalam membuat iklan tentunya harus memperhatikan etika yang ada di masyarakat. Jangan sampai masyarakat menjadi men judge buruk atas produk atau jasa hasil periklanan. Etika yang perlu diperhatikan diantaranya adalah sebagai berikut.
1.       Gunakan bahasa inggris yang baik dan benar, jangan menggunakan istilah-istilah yang dianggap tabu dan kuno bagi negara tujuan periklanan.
2.       Semua penjelasan yang ada di iklan harus jujur. Jadi tidak boleh ada unsur penipuan, isi pesan palsu ataupun penggunaan kalimat yang menimbulkan salah tafsir, sehingga merugikan pihak yang membaca iklan tersebut.
3.       Gunakan gambar yang menarik dan sesuai dengan produk yang ditawarkan, jangan sampai konsumen merasa tertipu oleh gambar yang disajikan dalam iklan.
4.       Iklan tidak boleh menggunakan kata-kata yang dianggap oleh masyarakat sebagai kata yang seronok atau porno, serta tidak boleh menjurus pada masalah SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan).
5.       Tidak boleh menggunakan kalimat yang melebih-lebihkan produk atau jasa yang ditawarkan, kecuali memang sudah memiliki bukti yang valid.

Demikianlah penjelasan tentang pembuatan iklan bahasa inggris bergambar agar dapat lebih menarik.  Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komen o yo rek,, *suwun