Jumat, April 10, 2015

artikel



Misteri Asal Usul Kuntilanak dan Fakta Unik yang Beredar


Kita semua pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah “kuntilanak”. Itu merupakan nama salah satu jenis hantu yang cukup terkenal di masyarakat Indonesia. Kuntilanak digambarkan sebagai wanita berdaster putih, memiliki rambut yang panjang terurai dan terkadang digambarkan memiliki lubang bundar pada bagian punggungnya. Tapi apakah Anda tahu asal usul kuntilanak yang fenomenal tersebut? Simak selengkapnya pada uraian di bawah ini.

Kuntilanak dalam bahasa melayu sering disebut pontianak, atau sering disingkat kunti merupakan jenis hantu yang cukup menyeramkan. Hal ini terbukti dari sudah banyaknya film yang dibuat. Dalam film, sosok hantu tersebut digambarkan sungguh menyeramkan dan terbukti dapat membuat orang yang melihatnya sangat ketakutan. Selain itu juga sering digambarkan kekejamannya dalam meneror penduduk untuk menuntut balas, serta tidak segan-segan membunuh orang yang menghalangi niatnya.


Asal Usul Kuntilanak dari Berbagai Mitos

Secara umum, banyak orang menyebutkan bahwa asal muasal kuntilanak adalah arwah dari seorang perempuan yang mati pada saat melahirkan. Sehingga ia belum sempat melihat dan menimang sosok buah hatinya tersebut. Atau beberapa orang juga menyebutkan bahwa kuntilanak merupakan arwah seorang perempuan yang mati pada saat masih hamil atau mengandung, sehingga buah hati yang masih dalam perutnya juga mati. Arwah tersebut menjadi arwah penasaran karena belum sempat menimang dan memberikan kebahagiaan kepada sang buah hati tercinta.

Bangsa melayu menyebut kuntilanak dengan istilah “puntianak”, yang merupakan singkatan dari “perempuan mati beranak”. Menurut mitos kuntilanak ini sering menjelma menjadi sesosok wanita cantik yang berjalan seorang diri pada tempat yang sepi. Pemuda-pemuda sering digoda oleh kuntilanak, ketika pemuda tersebut akan dibunuh olehnya. Pembunuhan dilakukan dengan menghisap darahnya pada bagian tengkuk. Mitos ini menyebabkan banyak pemuda takut jika di jalan yang sepi kedapatan ada wanita cantik yang berjalan sendiri.

Mitos lain menyebutkan bahwa kuntilanak adalah hantu perempuan yang memiliki lubang pada bagian punggung, atau sering dikenal dengan sebutan sundel bolong. Perempuan tersebut mengalami kematian yang tragis bersama dengan anak yang dikandungnya. Kemudian perempuan tersebut menjadi hantu dan melahirkan anaknya melalui punggung di dalam kuburan. Hal itulah yang menyebabkan punggungnya berlubang. Untuk menutupi lubang tersebut, sang hantu menutupinya dengan rambut yang terurai panjang. Hantu ini digambarkan sering berkeliaran di malam hari, mengganggu orang-orang sekitarnya dengan penampakan dan suara tawanya yang melengking.

Berbeda dengan mitos sebelumnya, menurut mitos suku sunda, kuntilanak ini tidak memiliki lubang pada bagian punggungnya. Hantu ini hanya mengganggu dengan penampakannya saja. Kuntilanak ini sering bersemayam pada pohon-pohon tertentu, misalnya pohon waru yang condong kesamping atau sering disebut waru doyong. Hantu ini digambarkan suka makan daging anak-anak, sehingga dikatakan sering mencuri bayi yang lahir. Selain itu kuntilanak juga sering menangis tersedu-sedu karena merindukan anaknya.


23 Fakta Unik Kuntilanak yang Banyak Beredar

1.      Menurut mitos kota pontianak yang ada di pulau kalimantan mendapatkan nama pontianak karena hantu kuntilanak ini. Berawal dari pendiri Kesultanan Pontianak yaitu Abdurrahman Alkadrie, ia diganggu hantu kuntilanak ketika akan menentukan tempat yang akan digunakan untuk pendirian istana.
2.      Menurut mitos, kuntilanak takut kepada benda tajam. Sehingga benda tajam seperti paku dapat digunakan sebagai penangkal serangan kuntilanak. Caranya adalah dengan menancapkan paku tersebut ke bagian ubun-ubun dari kuntilanak.
3.      Untuk mengundang kuntilanak, menurut kepercayaan dapat dilakukan dengan menyanyikan sebuah tembang jawa zaman dulu, yang berjudul “Lingsir Wengi.”
4.      Menurut kepercayaan sebagian orang, rambut kuntilanak dapat digunakan sebagai sebuah jimat. Kegunaannya yaitu sebagai jimat kebal, dimana orang yang memilikinya akan kebal dari segala mara bahaya yang datang.
5.      Banyak orang mengatakan bahwa kuntilanak sangat suka bertempat di pohon waru yang condong ke samping atau pohon sawo yang rindang.
6.      Suara anak ayam menurut mitos menjadi tanda adanya kuntilanak. Jika suaranya terdengar keras dan dekat maka kuntilanak itu berada jauh dari anda, namun jika terdengar pelan dan jauh maka kuntilanak itu berada dekat dari anda.
7.      Suara wanita yang cekikikan di malam hari juga sering ditandai sebagai suara dari kuntilanak.
8.      Sebagian orang mengatakan kuntilanak ingin memiliki umur panjang dan hidup abadi yaitu dengan menghisap darah dari bayi, dan kuntilanak juga sering mengganggu ibu yang sedang mengandung.
9.      Hantu kuntilanak tidak akan mengganggu ibu hamil jika ibu tersebut selalu membawa benda tajam seperti pisau, gunting, jarum ataupun paku. Hal ini menyebabkan banyak masyarakat yang masih memiliki kebiasaan untuk menempatkan benda tajam tersebut di dekat tempat tidur bayi.
10.  Apabila pada malam hari kedapatan anjing yang melolong di dekat sebuah pohon, maka pohon tersebut bisa jadi di huni oleh kuntilanak.
11.  Kedatangan kuntilanak menurut mitos juga ditandai dengan terciumnya aroma bunga kamboja yang sangat menyengat, apabila semakin tercium menyengat maka kuntilanak seemakin dekat dengan anda.
12.  Kebanyakan kuntilanak digambarkan memiliki rupa yang sangat cantik, terlihat misterius, serta terkesan memiliki aura mistis yang ketara.
13.  Kuntilanak suka mendatangi orang-orang yang memiliki indra ke enam atau sering dikenal dengan orang indigo. Mereka ingin memiliki teman untuk mengusir kebosanannya.
14.  Terkadang kuntilanak juga sering mendatangi orang-orang yang penakut, tujuannya hanya untuk mengusilinya saja.
15.  Di film yang di buat Malaysia, kuntilanak digambarkan suka menghisap darah manusia layaknya vampir.
16.  Dalam cerita lain, kuntilanak digambarkan memiliki sosok seorang wanita yang berkaki kuda, berekor kuda, namun memiliki tubuh dan tangan seperti manusia.
17.  Ada kuntilanak yang tidak mengenakan daster putih seperti biasanya, namun memakai daster merah, maka dari itu sering disebut sebagai kuntilanak merah.
18.  Dalam cerita lain, kuntilanak tidak bisa berjalan layaknya manusia, namun berjalan melata di lantai ataupun di dinding serta memiliki gigi yang berantakan.
19.  Menurut mitos ada orang yang memelihara kuntilanak, tujuannya agar diberikan kemudahan dan kesuksesan dalam menjalankan bisnis usahanya.
20.  Kaki kuntilanak tidak menapak ke tanah, sehingga terlihat melayang. Ini banyak digambarkan pada film-film yang telah banyak dibuat.
21.  Menurut mitos, kuntilanak bisa dikawini dengan menancapkan paku yang sudah dijampi-jampi pada ubun-ubun kuntilanak. Maka kuntilanak tersebut akan berubah menjadi manusia yang sangat cantik. Dengan mengawininya maka urusan duniawi akan berjalan lancar.
22.  Jika tancapan paku yang ada pada ubun-ubun manusia kuntilanak, maka manusia tersebut akan kembali berubah menjadi hantu kuntilanak.
23.  Kuntilanak suka menganggangu lelaki yang keluar malam dengan menjelma sebagai wanita cantik yang berjalan seorang diri.

Demikianlah uraian tentang asal usul kuntilanak dan fakta unik yang beredar di masyarakat. Informasi ini belum tentu kebenarannya karena bersumber pada mitos dan pembicaraan masyarakat pada umumnya. Anda boleh percaya ataupun tidak karena semua ini belum terbukti kebenarannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komen o yo rek,, *suwun