Jumat, April 10, 2015

artikel



Mengenal Translator Indonesia to English

Banyak cara yang dapat dipilih untuk melakukan penerjemahan bahasa, apalagi untuk menerjemahkan ke bahasa inggris. Hal ini karena bahasa inggris sudah menjadi bahasa yang tidak asing lagi dan merupakan bahasa internasional. Karena itulah banyak sekali orang yang ingin mempelajari bahasa inggris. Media yang menjadi translator Indonesia to English pun semakin banyak ditemui. Tentu saja tujuannya adalah untuk mempermudah dalam proses penerjemahan.

Translator tersebut ada yang berbentuk offline maupun online. Jika Anda tidak sering online maka dapat memilih translator offline yang dapat diinstal di komputer. Beberapa translator offline Indonesia to English yang banyak digunakan adalah:

1.       Transtool, merupakan media yang dapat menerjemahkan teks baik dari indonesia ke inggris maupun inggris ke indonesia. Penggunaannya pun lumayan mudah, yaitu tinggal mengetikkan atau mempaste teks yang akan diterjemahkan ke dalam kotak yang tersedia di transtool, kemudia klik translate. Maka secara otomatis teks yang sudah dimasukkan akan diterjemahkan. Namun, Anda tetap harus meengecek ulang hasil terjemahan dan melakukan beberapa perubahan agar makna yang dimaksud lebih akurat.

2.       Gtranslator, merupakan media yang memiliki database sangat besar sehingga mampu menerjemahkan ke dalam 50 bahasa yang berbeda. Setelah software ini terinstal di komputer, maka dapat langsung digunakan. Tampilan dari Gtranslator ini sangat sederhana sehingga mudah dalam menggunakannya. Pertama pilihlah bahasa asal dari naskah teks yang akan diterjemahkan, kemudian pilih juga ke bahasa apa naskah teks tersebut diterjemahkan. Selanjutnya klik translate, maka hasil terjemahan akan muncul dibawahnya.

3.       SDL Trados Studio, adalah software penerjemah yang penggunanya harus membayar dahulu sebelum menggunakan. Namun, tentu saja hasil terjemahan akan lebih akurat di bandingkan dengan yang gratis. Dokumen dari berbagai bentuk seperti microsoft word, Excel, PowerPoint, PDF maupun java dapat diterjemahkan secara langsung.

4.       WordFast, yaitu software penerjemah yang juga premium atau berbayar. Seperti SDL Trados Studio, WordFast ini juga dapat menerjemahkan secara langsung dari berbagai bentuk file sehingga akan mempermudah dan mempercepat proses penerjemahan.

Demikianlah beberapa transtool yang dapat dijadikan media dalam mempermudah proses penerjemahan, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komen o yo rek,, *suwun