Jumat, April 10, 2015

artikel



Belajar Menerjemahkan Teks Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang banyak dipelajari oleh sebagian besar orang diseluruh negara, tak terkecuali Indonesia. Sekolah-sekolah formal juga menjadikan bahasa inggris menjadi mata pelajaran tersendiri untuk dipelajari. Bahkan telah banyak lembaga informal yang khusus didirikan untuk memberikan pendidikan bahasa inggris. belajar menerjemahkan teks bahasa Inggris adalah hal yang menyenangkan jika dipelajari dengan cara yang mengasyikkan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk belajar menerjemahkan teks bahasa Inggris agar hasilnya maksimal. Hal-hal tersebut dapat dijabarkan dalam poin-poin berikut ini.

1.       Perbanyaklah kosa kata
Kosa kata suatu bahasa sangat banyak sekali, terkadang kosa kata yang sama dapat memberikan makna yang berbeda jika ditempatkan dengan kosa kata yang lain. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan makna apa saja yang terkandung pada suatu kosa kata bahasa inggris. Melihat kamus Inggris-inggris merupakan hal yang dapat dipilih untuk mengetahui makna suatu kosa kata.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menambah kosa kata yang dimiliki adalah dengan membaca bacaan berbahasa inggris seperti surat kabar, novel, komil, artikel maupun bacaan yang lain. Mendengarkan lagu-lagu berbahasa inggris yang sedang hits atau sesuai penyenyi yang Anda sukai. Menonton film-film yang berbahasa inggris atau yang bersubtittle bahasa inggris. Hal ini merupakan cara mengasyikkan untuk menambah kosa kata Anda.

2.       Pahami grammar bahasa inggris
Jangan sampai terdapat kesalahan grammar saat menerjemahkan teks bahasa inggris, hal ini akan menjadikan ketidaksamaan makna hasil terjemahan. Untuk itu, pemahaman grammar sangat penting untuk selalu ditingkatkan.

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan membaca buku tentang panduan pemahaman grammar bahasa inggris. Bahkan sekarang sudah ada video tutorial interaktif yang dapat membuat proses belajar grammer Anda lebih mengasyikkan. Mempraktikkan bahasa inggris yang dikuasai dengan menggunakan bahasa inggris saat berbincang-bincang dengan teman juga menjadi pilihan agar dapat saling membenahi bahasa jika ada yang salah.

3.       Latihan
Latihan untuk menerjemahkan teks bahasa Inggris merupakan cara yang efektif. Dengan melakukan latihan maka Anda akan semakin terbiasa untuk melakukan terjemahan. Selain itu hal tersebut akan menambah kosa kata yang dikuasai serta menambah kemampuan grammar Anda. Semakin banyak latihan yang dilakukan maka semakin tinggi pula kemampuan  Anda untuk menerjemahkan.

Demikianlah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk belajar menerjemahkan teks bahasa Inggris, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komen o yo rek,, *suwun