Jumat, April 10, 2015

artikel



Translate Bahasa Indonesia ke Bahasa Belanda

Salah satu bahasa yang dahulu pernah dikuasai banyak warga Indonesia adalah bahasa Belanda. Tidak heran karena Belanda telah menjajah Indonesia selama 350 tahun. Namun, sekarang tidak banyak orang Indonesia yang menguasai bahasa Belanda. Jika Anda ingin melakukan sendiri translate bahasa Indonesia ke Bahasa Belanda, maka berikut ini akan disampaikan beberapa tips yang akan membantu Anda melakukan penerjemahan tersebut.

1.       Pelajarilah dahulu dasar-dasar atau struktur dari bahasa Belanda. Anda dapat mengikuti lembaga pendidikan bahasa, namun jika ingin belajar sendiri Anda dapat membeli buku panduan bahasa yang banyak dijual di toko buku. Bahkan, sekarang sudah banyak video tutorial untuk mempelajari bahasa. Sehingga proses belajar bahasa akan lebih menarik untuk dilakukan.
2.       Translate atau penerjemahan bahasa merupakan proses merubah suatu bahasa ke bahasa lain tanpa merubah intisari yang disampaikan. Untuk itu hal utama yang harus Anda perhatikan adalah memahami intisari dari kalimat Indonesia yang akan diterjemahkan ke bahasa Belanda. Dengan demikian, tidak akan terjadi perubahan makna atau intisari kalimat akibat perubahan bahasa yang telah dilakukan.
3.       Siapkan tidak hanya kamus Indonesia-Belanda, tapi juga siapkan kamus Belanda-Belanda. Sehingga Anda akan lebih memahami istilah Belanda yang akan digunakan. Jika menemukan istilah yang sulit, cari tahulah di internet apakah istilah tersebut sudah banyak digunakan.
4.       Setelah selesai menerjemahkan, jangan lupa untuk melakukan pengecekan kembali terhadap hasil terjemahan. Caranya adalah dengan mencocokkan kembali hasil terjemahan dengan naskah awal yang diterjemahkan untuk menentukan apakah hasil terjemahan sudah sesuai dan sudah mewakili makna yang akan diungkapkan penulis.
5.       Agar lebih akurat, Anda dapat menerjemahkan hasil terjemahan yang berbentuk bahasa Belanda untuk diterjemahkan kembali ke bahasa Indonesia. Jika kekurangan waktu, maka  Anda dapat menggunakan program terjemahan online seperti Google Translate, Bing Translator atau program yang lain. Sehingga, Anda bisa tahu apakah bahasa Belanda hasil terjemahan jika diterjemahkan kembali ke bahasa Indonesia hasilnya bermakna sama.
6.       Langkah terakhir adalah membaca kembali hasil terjemahan untuk mengecek apakah ada kesalahan ketik atau kesalahan tanda baca. Hal ini akan menghasilkan hasil terjemahan yang lebih sempurna.

Demikianlah beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk melakukan translate bahasa Indonesia ke Bahasa Belanda, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komen o yo rek,, *suwun