Jumat, April 10, 2015

artikel



Seluk Beluk Motor Grasstrack

Jika Anda menggemari dunia balap motor, pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya motor grasstrack. Sesuai namanya, ini merupakan jenis motor yang digunakan dalam perlombaan balap motor di track yang berumput. Hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi pembalap. Bagaimana tidak, perlombaan balap motor kebanyakan dilakukan di track yang beraspal dengan permukaan yang rata. Jika tracknya tanah dengan permukaan yang tidak rata atau bergelombang tentunya akan lebih licin dan perlu keahlian khusus bagi pembalap yang mengikuti kejuaraan grasstrack.

Kejuaraan grasstrack ini sudah banyak diadakan di daerah-daerah baik di jawa maupun luar jawa. Peminatnya pun cukup banyak untuk menjadi pembalap, hadiah bagi pemenangnya pun cukup menarik perhatian. Dalam kejuaraan ini, faktor yang paling penting diperhatikan adalah motor yang digunakan. Motor yang digunakan dalam kejuaraan ini adalah motor yang sudah dimodifikasi agar sesuai untuk perlombaan. Bagaimana bentuk modifikasinya dan apa saja tips untuk menjadi pembalap di kejuaraan grasstrack, simak selengkapnya dalam uraian di bawah ini.

Modifikasi Motor Grasstrack

Sudah banyak bengkel-bengkel motor yang menawarkan jasa dalam memodifikasi motor untuk kebutuhan grasstrack. Kebanyakan sepakat bahwa performa mesin menjadi persoalan nomor dua, yang utama adalah konstruksi rangka motor. Ini karena di grasstrack tidak mengutamakan top speed, melainkan akselerasi yang cepat dan tenaga yang besar. Kebutuhan akan kerja shock yang maksimal juga perlu diperhatikan mengingat ini bukan digunakan untuk lintasan yang beraspal.

Kreativitas dari mekanik/bengkel dan pembalap merupakan hal yang paling utama dalam memodifikasi motor yang digunakan dalam grasstrack ini. Sebab belum ada pabrik motor yang khusus memproduksi motor untuk grasstrack. Tidak sama dengan motorcross yang motornya sudah banyak yang menjualnya, sehingga mudah mendapatkannya. Mesin motor yang digunakan dalam grasstrack biasanya tidak banyak dirubah, sama seperti motor-motor yang digunakan dalam jalan raya biasa. Hanya saja untuk rangka motor perlu sekali diubah menyesuaikan medan berat yang ada dalam kejuaraan grasstrack.

Untuk memodifikasi rangka grasstrack mengacu pada konstruksi rangka Special Engine. Ukuran pada motor Special Engine lah yang dipakai pada motor untuk keperluan grasstrack, karena rangka Special Engine telah teruji tahan banting pada lintasan yang sangat bergelombang sekalipun. Semakin baik rangka motor yang dirakit maka pembalap juga akan semakin nyaman dalam mengendarainya.

Sektor kaki pada motor jenis ini juga sangat diperhatikan, hal ini terkait dengan tinggi badan dan berat badan pembalap. Semakin baik dan sesuai  kaki-kaki motor, maka feeling dari pembalap juga akan semakin baik, serta akan semakin nyaman dalam mengendarai di medan yang ekstrim sekalipun. Pelek motor juga perlu diubah ke pelek yang kuat dan ringan juga menggunakan jari-jari yang lebih kecil diameternya. Bearing roda perlu diubah ke heavy duty agar kuat melintasi track. Ban diganti dengan ban khusus off road jenis trail/knoby.

Yang utama, dalam memodifikasi motor untuk kebutuhan grasstrack perlu untuk melakukan konsultasi dahulu kepada mekanik yang sudah berpengalaman dalam melakukan modifikasi motor jenis ini. Hal ini penting, sebab medan yang digunakan dalam kejuaraan grasstrack sangat berbahaya untuk itu faktor safety sangat perlu untuk diperhatikan.


Tips Menjadi Pembalap Handal

Untuk menjadi seorang pembalap yang handal dalam suatu kejuaraan grasstrack, perlu diperhatikan beberapa tips berikut.
1.       Olah Raga
Medan lintasan yang dilalui dalam kejuaraan grasstrack sangatlah berat, untuk itu perlu latihan dengan melakukan olah raga yang dapat melatih kekuatan fisik pembalap. Olah raga dapat menjadikan tubuh pembalap lebih sehat, kuat dan memiliki stamina yang tinggi. Dengan kondisi fisik yang terlatih, maka diharapkan pembalap dengan mudah melewati rintangan yang ada pada medan lintasan. Contoh olah raga yang dapat dilakukan adalah renang, lari, skipping, atau latihan fisik di gym.

2.       Pola Makan
Pola makan seorang pembalap haruslah dijaga karena makanan mempengaruhi kondisi fisik pembalap. Makan sesuai pola kesehatan yaitu tiga kali sehari dengan makan makanan yang bergizi. Perbanyak makan buah dan sayur-sayuran agar kondisi fisik lebih baik. Minum air putih sebelum memulai pertandingan dan sesudahnya agar tubuh tidak mengalami dehidrasi.

3.       Kesehatan
Kesehatan sangat penting bagi diri pembalap, jika kesehatan sedang tidak fit maka pembalap tidak akan diizinkan untuk mengikuti kejuaraan yang diadakan. Selain itu jika kondisi tubuh kurang sehat maka akan mempengaruhi performa pembalap saat mengendarai motornya di lintasan. Dengan demikian pembalap harus selalu menjaga kesehatan tubuhnya. Kesehatan dapat dijaga dengan melakukan pola hidup sehat, pembalap juga harus melakukan cek kesehatan secara rutin ke dokter yang ahli, serta meminum suplemen kesehatan.

4.       Latihan
Pembalap tentunya harus melakukan latihan terlebih dahulu sebelum melakukan pertandingan secara langsung. Latihan dengan menggunakan motor yang akan dikendarai menjadi pilihan yang tepat. Dengan melakukan latihan, pembalap dapat mengenal dan terjadi penyesuaian dengan motor yang akan digunakan tersebut. Latihan pada berbagai jenis medan grasstrack juga menjadi pilihan agar pembalap terbiasa berkendara di berbagai jenis lintasan.

5.       Disiplin dan Percaya Diri
Sikap disiplin dan percaya diri juga harus diperhatikan oleh seorang pembalap. Dalam suatu pertandingan grasstrack tentunya terdapat berbagai macam aturan yang mengaturnya, untuk itu pembalap harus disiplin dalam mengikuti aturan-aturan tersebut. Jangan sampai, pembalap harus mengalami diskualifikasi karena ketidakdisiplinannya. Selain itu, seorang pembalap juga harus percaya diri, percaya diri dapat menjadi aura positif bagi seorang pembalap agar ia nyaman saat mengikuti pertandingan.

6.       Sosial Pergaulan
Pembalap harus pandai-pandai memilih pergaulan, jangan sampai bergaul dengan orang-orang yang kurang baik. Misalnya orang yang sering ngedugem atau orang yang suka minuman keras, ini tentunya sangat berpengaruh pada kondisi pembalap. Jika seorang pembalap suka dengan dunia malam, maka dihawatirkan ia akan kurang konsentrasi saat mengikuti pertandingan. Juga minuman keras sangat tidak baik untuk kondisi tubuh pembalap.

Bergaul dengan pembalap yang sudah senior dapat menjadi pilihan yang lebih baik. Sebagai pebalap senior tentunya ia memiliki pengalaman dan wawasan yang lebih luas dibandingkan dengan pembalap yang masih junior. Dengan demikian ia dapat memberikan petuah atau nasehat  agar pembalap junior dapat meningkatkan kualitas diri menjadi seorang pembalap.

7.       Motivasi Diri
Seorang pembalap harus pandai-pandai dalam memotivasi diri sendiri, hal ini penting karena motivasi diri mempengaruhi sikap dalam suatu kejuaraan. Bila sang pembalap sangat termotivasi maka akan berpengaruh postif terhadap kekuatan diri untuk menjadi juara. Pembalap tidak boleh cepat puas dengan kesuksesan yang telah ia capai, ia harus terus berusaha untuk menjadi lebih baik lagi. Dengan terus selalu berusaha, pembalap akan menjadi lebih sukses lagi dalam meniti karirnya.

Motivasi diri dapat dilakukan dengan cara membuat suatu fokus tujuan yang ingin dicapai oleh seorang pembalap. Ia dapat membuat rencana karir yang ingin dilalui, misal pada tahun pertama ingin menjadi pemenang dalam suatu kejuaraan lokal, pada tahun kedua ingin mengikuti kejuaraan nasional dan tahun-tahun selanjutnya juga perlu direncanakan. Dengan membuat rencana karir tersebut, tentunya pembalap akan lebih termotivasi agar daat mencapai impiannya tersebut.

8.       Perawatan Motor
Selalu melakukan perawatan motor yang digunakan dalam pertandingan grasstrack merupakan salah satu hal yang tidak kalah penting. Jangan sampai pembalap mengalami suatu keraguan terhadap kondisi motor yang akan dikendarainya. Melakukan pengecekan saat sebelum pertandiangan dan sesudahnya menjadi pilihan yang baik untuk meminimalisir kerusakan. Selain itu juga perlu dilakukan pengecekan seluruh komponen motor secara berkala agar kondisi motor selalu baik.

Demikianlah wawasan tentang motor grasstrack dan kejuaraan yang ada di Indonesia, semoga memberikan manfaat bagi Anda yang membaca.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komen o yo rek,, *suwun