Jumat, April 10, 2015

artikel



Cara Chattings Asyik dengan Media Smartphone


Jika Anda mengenal internet, tentu saja istilah chattings sudah tidak asing lagi di telinga. Chattings merupakan kegiatan yang paling asik untuk bercakap-cakap dengan teman yang yang tempatnya berjauhan. kita dapat menjalin pertemanan dengan orang-orang yang ada di seluruh sudut dunia dengan sarana chattings ini. Usia dewasa, remaja bahkan anak-anak sekalipun sudah mengenal chattings untuk menjalin pertemanannya. Cara chattings banyak sekali, dapat menggunakan PC (komputer) maupun handphone.

Salah satu media yang banyak digunakan untuk chattings adalah smartphone. Smartphone yang dahulu hanya dimiliki oleh kalangan atas karena harganya yang tinggi, sekarang sudah banyak dimiliki oleh berbagai kalangan. Hal ini karena harga smartphone sekarang sudah terbilang standar dan bisa dijangkau dari kalangan atas, menengah bahkan bawah sekalipun.

Smartphone yang paling murah adalah smartphone dengan merek keluaran Cina, namun merek lain yang sudah terkenal seperti Nokia, Sony Ericsson, Samsung, Blacberry, iPhone dan merek terkenal lain juga menyediakan rentang harga yang beracam-macam. Rentang harga ini pada umumnya berdasarkan pada fitur yang disediakan oleh smartphone tersebut. Dengan demikian, jika terdapat rentang harga seperti itu maka setiap kalangan masyarakat dapat memilih smartphone mana yang dapat dibeli sesuai dengan budget yang tersedia.

Salah satu aplikasi menarik dan yang banyak diminati di smartphone adalah aplikasi chattings. Bagaimana tidak, kegiatan chattings ini sangat mengasyikan dan dapat menjadi hiburan ketika bosan dengan rutinitas pekerjaan sehari-hari. Apa saja jenis aplikasi chattings yang banyak digunakan di smartphone dan bagaimana cara chattings nya, simak selengkapnya pada penjelasan di bawah ini.

1.      WeChat
Merupakan aplikasi chattings buatan Cina yang diperkenalkan sejak awal tahun 2012. Aplikasi ini mendukung pengiriman pesan teks, suara, video, dan foto. Kita juga dapat membuat group chat, sehingga kita dapat melakukan perbincangan dengan beberapa orang sekaligus. WeChat ini dapat diinstal pada perangkat Android, Windows Phone, Symbian, iOS  dan Blackberry.

Cara menggunakannya pun mudah, sesudah diinstal di smartphone, kita tinggal mendaftarkan diri dengan menggunakan nomor hp, mengisi nama dan informasi yang lain. Setelah itu kita bisa langsung menggunakannya aplikasi chatting ini, teman yang menggunakan WeChat dan nomor sudah tersimpan di hp maka secara otomatis akan ada di daftar teman. Bila ingin menambahkan atau mencari teman tinggal menuju menu pencarian yang disediakan.

Kelebihan WeChat ini kita tidak hanya mengirim teks, foto, video, suara yang sudah direkam saja, tetapi kita juga dapat mengirim suara singkat yang langsung diucapkan ketika ingin mengirim. Kelebihan lain adalah kita dapat memanfaatkan menu Look Around, dimana kita dapat menambahkan teman yang ada disekitar kita. Kekurangannya adalah, emoticon atau sticker yang disediakan di aplikasi ini masih sedikit dan kurang variatif dibanding dengan aplikasi lain. Selain itu aplikasi ini tidak bisa digunakan untuk telepon secara gratis.

2.      WhatsApp
Merupakan aplikasi chattings yang dikenalkan sejak tahun 2009 oleh perusahaan yang ada di California. Aplikasi ini juga dapat mengirim pesan teks, membuat grup, mengirim foto, video dan suara. WhatsApp tersedia untuk iPhone, BlackBerry, Android, Symbian dan Windows Phone.

Penggunaan WhatsApp ini menggunakan nomor hp, hal ini memungkinkan orang yang tidak dikenal tidak seenaknya mengirim pesan. Jadi jika ingin menambahkan teman dalam daftar teman chat kita, maka kita harus menyimpan nomor hp nya dahulu. Jika suatu saat ganti hp, kita tinggal memasukkan nomor hp yang telah kita daftarkan dahulu, dan percakapan yang sudah kita lakukan dapat ter backup ke hp yang baru.

Kelebihan WhatsApp adalah aplikasi ini sangat sederhana dalam pengoperasiannya dan sangat ringan, sehingga tidak membuat hp lelet dalam bekerja. Sedangkan kekurangnnya adalah WhatsApp hanya menyediakan emoticon yang sederhana, dan tidak menyediakan sticker seperti aplikasi chattings yang lain.

3.      LINE
Aplikasi chatting ini dikenakan pada pertengahan tahun 2011 oleh perusahaan Jepang. LINE digunakan untuk mengirim pesan teks, gambar, suara, video, GroupChat dan free call. Pada awalnya aplikasi ini hanya dapat diinstal di Android, namun sekarang sudah dikembangkan dan dapat diinstal di Blacberry, iOS, dan Windows Phone.

Pendaftaran LINE ini juga menggunakan nomor hp, setelah itu kita akan mendapatan pesan kode aktivasi guna mengaktivasi LINE. Namun setelah itu, kita juga dapat membuat ID Pengguna agar lebih mudah ditambahkan ke daftar teman oleh orang lain. Kita juga dapat menghubungkan ke akun facebook yang dimiliki.

Kelebihan LINE adalah memiliki sticker dan emoticon yang lebih banyak dan lucu. Ada sticker yang gratis dan berbayar, banyak sekali sticker berbayar yang memiliki gambar yang beragam dan unik. Kelebihan lain adalah adanya menu Free Call, dengan ini tidak perlu membayar dengan memanfaatkan jaringan internet. Selain itu juga disediakan Game secar gratis dalam aplikasi ini. Kekurangannya adalah terkadang kita akan menerima pesan dari orang yang tidak dikenal, ini karena kita tidak ada approval dalam permintaan teman, namun orang tidak dikenal tersebut bisa di block jika tidak kita inginkan.

4.      KakaoTalk
Ini merupakan sebuah aplikasi chattings asal korea selatan yang dirilis pertama kali pada tahun 2010. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengirim pesan teks, gambar, video, suara, GroupChat, FreeCall, dan GroupCall. Kakaotalk dapat digunakan di Android, Blacberry, iOS, dan Symbian.

Cara penggunaan KakaoTalk ini juga menggunakan nomor hp, namun setelah itu dapat dibuat ID KakaoTalk yang dapat memudahkan pencarian teman. Terdapat Plus Friend, dimana kita dapat berteman dengan band atau artis yang memiliki ID KakaoTalk untuk sharing gambar, video, mp3, maupun info yang lain.

Kelebihan KakaoTalk adalah memiliki banyak sticker yang gratis serta menawarkan FreeCall, sehingga kita tidak perlu membayar untuk menelfon teman. Kekurangannya adalah banyak orang yang mengatakan sticker yang dimiliki KakaoTalk kurang ekspresif seperti pada LINE.

5.      Go SMS Pro
Aplikasi ini merupakan aplikasi sms yang menyediakan fitur GoChat sehingga dapat digunakan untuk mengirim pesan teks, gambar, suara, video, handwriting serta membuat GroupChat. Aplikasi ini dapat di instal di Android.

Setelah aplikasi ini di instal, maka kita dapat menetapkan ID Chat. Teman yang memiliki GoChat maka secara otomatis akan ada ada di daftar teman. Selain itu, teman juga dapat ditambahkan melalui pencarian teman.

Kelebihan GoChat yang ada dalam Go Sms Pro ini adalah tema yang disediakan sangat banyak, sehingga dapat diganti setiap kali saat sudah bosan. Selain itu, terdapat fitur handwriting yang dapat mengekspresikan tulisan tangan kita sendiri untuk dapat dikirim ke teman. Kekurangannya adalah sticker atau emoticon yang disediakan sangat sedikit dan kurang menarik.

6.      Facebook Messenger
Merupakan aplikasi chatting seperti facebook yang diakses melalui PC. Aplikasi ini dapat di instal di Android, Blackberry dan iOS.  Facebook Messenger dapat digunakan untuk mengirim pesan teks, gambar, suara dan dapat dibentuk GroupChat.

Setelah aplikasi terinstal kita dapat login dengan menggunakan akun facebook yang telah dimiliki. Setelah itu kita dapat melakukan chattings dengan teman-teman facebook yang sedang on line.

Kelebihan facebook messenger adalah aplikasi ini dapat digunakan terpisah dengan aplikasi facebook. Sehingga dapat dilakukan percakapan lewat chattings tanpa memperhatikan timeline atau status yang ditulis teman. Kekurangannya adalah sticker dan emoticon yang disediakan belum sebanyak aplikasi chatting yang lain.

7.      Viber
Aplikasi chattings yang satu ini memanfaatkan teknologi VoIP, dimana dapat digunakan untuk mengirim pesan teks, gambar, suara, video dan FreeCall. Aplikasi ini dapat di instal di Android, Blackberry, iOS, dan Windows Phone.  

Aplikasi viber ini juga menggunakan nomor hp sebagai ID, juga tersedia push notification. Dengan adanya menu tersebut, maka akan ada pemberitahuan jika teman di kontak kita yang baru menggunakan viber.

Viber memiliki kelebihan yaitu dapat secara otomatis meberitahu lokasi dimana tempat teman kita mengirim pesan, sehingga dapat diketahui dimana letak kota secara detail. Selain itu, juga dapat menelfon teman secara gratis dengan memanfaatkan data internet. Kekurangannya adalah sticker dan emoticon yang disediakan masih terbilang sederhana dan kurang menarik.

Demikianlah penjelasan tentang aplikasi chatting di smartphone dan cara untuk chattingnya. Semoga dapat menambahkan wawasan dan memberikan manfaat bagi pembaca.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komen o yo rek,, *suwun