Jumat, April 10, 2015

artikel



Menulis Kata Bijak Perkawinan yang Menarik


Apakah Anda suka membaca kata-kata bijak? Jika iya, tentunya Anda memahami bahwa kata bijak sangat indah dan dapat membawa aura positif pada diri orang yang membacanya. Banyak cara agar seseorang dapat mengungkapkan perasaannya, salah satunya adalah dengan menuangkan ke dalam kata-kata bijak. Menuliskan kata bijak perkawinan sebagai pelengkap kado untuk diberikan saat pernikahan seseorang yang kita sayangi, dapat menjadi hal yang menarik untuk dilakukan. Tujuannya agar kebahagiaan sang pengantin teras lebih lengkap karena mendapat kata-kata indah dari temannya.

Membuat kata bijak untuk perkawinan tidaklah sesulit yang dibayangkan. Kita hanya perlu mengungkapkan perasaan kita ke dalam rangkaian kata yang membentuk struktur yang indah. Ekspresikan perasaan turut bahagian kita atas pernikahan yang dilakukan oleh teman kita. Pilih kata-kata dengan makna yang sangat mendalam namun tetap dapat dipahami, agar yang menerima mengetahui makna setiap kata yang telah dituliskan.

Tips Menulis Kata Bijak

Dalam menyusun kata-kata indah yang dapat mengungkapkan perasaan seseorang, maka perlu memperhatikan beberapa hal sebelum diberikan kepada penerima untuk dibaca. Tujuannya adalah agar pembaca dapat memahami makna dari kata-kata yang disusun penulis, dan pembaca lebih tertarik untuk membacanya. Demikian juga dalam menuliskan kata bijak untuk perkawinan, perlu sekali memperhatikan beberapa hal yang dapat mempengaruhi hasil penulisan. Hal-hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

1.       Pilihan kata
Gunakanlah kata yang sekiranya dapat dipahami oleh orang yang membacanya dan sesuaikan dengan kaidah bahasa indonesia yang baik dan benar. Penambahan majas-majas yang digunakan dalam memperkuat makna dari kalimat dapat menjadi pilihan yang menarik. Untuk melengkapi kado perkawinan agar lebih manis dan memberikan aura positif, maka penggunaan kata-kata yang puitis juga dapat menjadi pilihan.

Penambahan kata-kata kenangan dari pengalaman kita dengan sang pengantin sebelum pernikahan juga dapat menjadi alternatif. Tujuannya adalah agar sang pengantin mengingat masa pertemanan yang terkenang ketika masa lajangnya. Mengingat pernikahan merupakan suatu lembaran baru yang membedakan antara kehidupan lajangnya dan kehidupan dengan pasangan barunya. Sehingga, dengan menuliskan kenangan sebelum pernikahannya dapat menjadi ingatan atau kenang-kenangan yang menarik.

Bacalah ulang kata-kata yang telah disusun agar tidak terjadi kesalahan, baik kesalahan tulis maupun kesalahan penggunaan kata. Usahakan agar sang pengantin yang membacanya mendapat aura positif dan merasa lebih bahagia. Hal ini penting mengingat hari pernikahan dianggap hari yang spesial bagi pasangan pengantin, untuk itu perhatian dari teman yang datang dalam pernikahannya akan menjadi lebih terasa spesial.

Kata-kata yang telah dirangkai biasanya dituliskan pada sebuah kartu ucapan menggunakan huruf yang menarik. Huruf ini dapat ditulis tangan atau bisa juga diketik menggunakan komputer. Yang penting adalah huruf yang digunakan dapat dibaca atau dimengerti oleh pembacanya. Jangan sampai karena huruf sulit dibaca, kata-kata bijak yang disampaikan menjadi tidak dipahami maknanya.

2.       Penambahan Gambar
Penambahan gambar untuk melengkapi tulisan kata-kata pada kartu ucapan dapat menjadi pilihan, agar terlihat lebih menarik. Gambar-gambar yang dipilih tentunya harus yang berkaitan dengan tema acara yaitu pernikahan. Gambar yang sesuai misalnya adalah bunga mawar warna merah atupun putih, cincin couple, sepasang merpati putih, wedding cartoon, pita, bunga-bunga, pemandangan romantis, dan lain-lain.

Menambahkan foto bersama dengan sang pengantin juga menjadi pilihan yang pas. Itu dapat memberikan kenangan bagi sang pengantin dari pengalaman bertemannya sebelum pernikahan. Selain itu, jika sang pembuat bisa menggambar sendiri, maka itu lebih baik dan akan terkesan lebih berarti bagi penerimanya.

3.       Pesan
Biasanya dalam kata-kata bijak yang disampaikan dalam pernikahan juga meliputi pesan berupa nasehat atau doa-doa. Beri nasihat dan doa-doa yang baik kepada pasangan pengantin. Yang paling umum adalah agar mereka dapat lebih bahagia dalam membina lembaran baru bersama pasangan, dapat mendapatkan momongan sesuai harapan, diberikan rizki yang barokah, dan lain sebagainya.

Jangan sampai ada kata-kata yang jelek dalam kata bijak yang disampaikan, walaupun sifatnya bercanda. Karena itu kemungkinan juga malah dapat merusak suasana hati sang pengantin. Ingat bahwa pernikahan merupakan suatu hal yang sakral, sehingga banyak orang menganggap momen tersebut sebagai momen terindah dalam hidup. Untuk itu semua orang juga harus turut berbahagia atas pernikahan yang dilakukan.

4.       Media Penulisan
Media yang digunakan untuk menulis kata-kata bijak biasanya adalah kartu ucapan. Kartu ucapan dapat ditulis tangan maupun diketik dengan komputer yang kemudian dicetak. Di toko-toko kado biasanya sudah disediakan kartu ucapan, sehingga pembeli dapat langsung menuliskan kata-kata yang telah dirangkai pada kartu tersebut.

Agar terasa lebih berarti, banyak juga orang yang membuat kartu ucapannya sendiri. Kartu tersebut dapat dibuat dari kertas dan pen warna yang telah disiapkan. Pembuat dapat berkreasi sesuai keinginannya, sehingga dapat dibuat dalam bentuk-bentuk yang unik.

Namun, ada pula orang yang terlalu sibuk sehingga tidak mungkin membuat kartu ucapannya sendiri. Untuk itu ia dapat memesan desain beserta tulisannya kepada agen pembuat agar dapat dibuatkan sesuai keinginannya. Bila ingin terlihat lebih modern, dapat juga memesan ke usaha-usaha digital printing yang sekarang sudah mudah untuk ditemukan.

5.       Identitas
Karena kebanyakan kado tidak diterima langsung oleh pasangan pengantin, maka perlu memberikan identitas orang yang memberikan kado. Identitas ini agar lebih praktis maka dituliskan pada kartu ucapan yang diberikan. Tuliskan nama panjang atau nama panggilan yang unik, hal ini untuk menghindari persamaan nama dengan pemberi kado yang lain.

Hal yang Harus Dihindari dalam Menulis Kata Bijak

Dalam menulis kata-kata bijak untuk pernikahan, ada beberapa hal yang perlu dihindari agar hasilnya lebih menarik dan memberi aura positif
1.       Jika ditulis tangan, maka hindari kesalahan tulis hingga menyebabkan penggunaan tipex. Itu akan merusak tampilan dari penulisan kata bijak. Selain itu, tulislah dengan rapi sehingga mudah dan menarik untuk dibaca.
2.       Jika diketik dengan komputer, hindari penggunaan huruf hias yang berlebihan. Huruf hias yang berlebihan akan menyebabkan pembaca kesulitan dalam membaca. Akan sangat disayangkan apabila kata-kata bijak yang dituliskan sangat indah, namun pembaca mengalami suatu kesulitan dalam membacanya.
3.       Hindari penggunaan kata-kata yang menyinggung perasaan sang pengantin. Biasanya dalam pergaulan tentunya mungkin ada perselisihan, walaupun demikian tidak boleh mengirimkan kata-kata yang tidak baik kepada pasangan pengantin yang tengah berbahagia.
4.       Hindari penggunaan kata-kata bijak yang sudah umum atau sudah sering digunakan. Karena ini akan menyebabkan rasa yang kurang spesial pada penerimanya. Lebih baik menggunakan kata-kata sendiri guna mengungkapkan persaan turut bahagia atas pernikahan yang dilaksanakan. Kata-kata sederhana yang timbul dari dalam hati akan terasa lebih bermakna dan spesial dibandingkan dengan kata-katan indah hasil copy paste dari karya orang lain.

Demikianlah uraian tentang pembuatan kata bijak perkawinan agar lebih menarik. Semoga memberikan manfaat dan dapat menambah wawasan semua pembaca.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komen o yo rek,, *suwun