Selasa, Februari 02, 2016

Pengelolaan Keuangan

            Kalian semua tentu sudah sering menggunakan uang bukan? Uang dapat digunakan untuk membeli barang ataupun jasa yang dibutuhkan.  Sebagai seorang siswa, memang belum memiliki penghasilan sendiri. Namun, sebagian besar tentu memiliki uang saku yang diperoleh dari orang tua. Ada yang menerima uang saku setiap hari, uang saku mingguan atau uang saku bulanan. Dengan uang saku tersebut, siswa dapat membeli berbagai kebutuhan seperti alat tulis, transportasi atau makanan dan minuman.
            Penghasilan sebesar apapun yang kita dapatkan tidak akan pernah cukup memenuhi kebutuhan jika tidak dihentikan dengan kata puas. Kali ini kita akan  mempelajari bagaimana mengelola uang dengan baik agar dapat memperoleh kepuasan dalam memenuhi kebutuhan.
            Langkah awal yang dapat dilakukan dalam mengelola keuangan adalah dengan membuat pembukuan keuangan. Pembukuan tersebut berisi jumlah pemasukan atau pengeluaran setiap minggu atau bulan. Perlu direncanakan pula pengeluaran apa saja yang akan dilakukan dalam minggu atau bulan tersebut. Sehingga si pembuat dapat benar-benar memahami dan mengetahui apa saja kebutuhan yang harus diutamakan dan dikesampingkan. Sehingga besar pengeluaran akan terkontrol dengan baik.
            Langkah selanjutnya dalam mengelola keuangan adalah dengan memonitor dan mengevaluasi secara berkala. Hal ini diperlukan agar jika dalam keuangan terjadi masalah, kita dapat segera mendeteksi penyebabnya dan melakukan tindakan pencegahannya. Memonitor dan mengevaluasi secara berkala juga bermanfaat untuk mengakomodasi setiap perubahan dalam rancangan kita. Contohnya mengakomodasi pengeluaran-pengeluaran tak terduga.
            Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting dalam pengelolaan keuangan adalah membiasakan diri menabung sejak dini. Hal ini akan sangat membantu kita ketika harus menghadapi pengeluaran-pengeluaran tak terduga. Dengan membiasakan diri menabung, kita sekaligus belajar membiasakan diri untuk hidup hemat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komen o yo rek,, *suwun