Kamis, September 15, 2016

Akmen



Case 6-60
1.      The partners of AKL want a reasonable estimate of the cost of WIP inventories. Using the gating department’s inventory as an example, prepare an estimate of the cost of EWIP. What assumptions did you make? Did you use the FIFO or Weighted average method? Why?
Jawab:
Aliran fisik (Unit)
Input:
      Produk dalam proses awal                                                      10.000
      Produk mulai diproses                                                                        51.000
                  Total                                                                            61.000
Output:
      Produk jadi                                                                             40.000
      Produk dalam proses awal                                                      10.000
      Produk dalam proses akhir                                                      11.000
                  Total                                                                            61.000
Biaya:
      Biaya yang dikeluarkan oleh departemen gating:
      Bahan baku langsung              (2,23 x $378.000)                 $  86.940
      Tenaga kerja langsung (0,35 x $530.300)                   185.605
      Overhead                                (0,35 x $643.518)*                 225.231
                  Total biaya tambahan                                              $ 497.776
Ket: *proporsi overhead yang digunakan diasumsikan sama dengan proporsi pada tenaga kerja langsung

Unit Ekuivalen:                                                                 Bahan baku                Biaya
                                                                                             Langsung  .           Konversi
      Produk jadi                                                                      40.000                    40.000
      Produk jadi dari produk dalam proses awal                                                     4.000
      Produk dalam proses akhir                                               11.000    .                 6.600
                  Total unit ekuivalen                                             51.000                    50.600

Biaya per unit = Biaya bahan baku langsung per unit + Biaya konversi per unit
                              = $1,70 + $8,12
                              = $9,82
Biaya total  produk dalam proses akhir    = Bahan baku langsung + Biaya konversi
                                                                  = (11.000 x $1,70) + (6.600 x $8,12)
                                                                  = $18.700 + 53.592
                                                                  = $72.292
Asumsinya adalah rasio overhead yang digunakan sama dengan rasio pada tenaga kerja langsung.

Menggunakan metode FIFO karena biaya dihubungkan dengan produk dalam proses awal yang tidak diketahui. Hanya tambahan biaya manufaktur dalam periode ini yang diketahui. Karena metode FIFO hanya meminta output dan biaya periode saat ini untuk diperhitungkan dalam biaya per unit, sehingga metode FIFO dapat diguakan. Karena biaya per unit ekuivalen diketahui,produk dalam proses akhir dapat diketahui juga.
2.      Assume that the shell-creating process has 8,000 units in BWIP, 20% complete. During the year 50,000 units were completed and transferred out. (Note 50,000 units were sold; no other units were sold). The EWIP inventory had 8,000 units. 30% complete. Compute the value of the shell-creating department’s EWIP. What additional assumption had to be made?
Jawab:
Aliran fisik (Unit)
Input:
      Produk dalam proses awal                                                        8.000
      Produk mulai diproses                                                                        50.000
                  Total                                                                            58.000
Output:
      Produk jadi                                                                             42.000
      Produk dalam proses awal                                                        8.000
      Produk dalam proses akhir                                                        8.000
                  Total                                                                            58.000
Unit Ekuivalen:

            Produk jadi
            Produk jadi dari produk dalam proses awal
            Produk dalam proses akhir
                        Total unit ekuivalen
Bahan Baku Langsung
42.000
         0
  8.000
50.000
Biaya
Konversi
42.000
  6.400
  2.400
50.800
Unit
Ditansfer
42.000
         0
  8.000
50.000
Biaya:
      Biaya yang ditransfer  dari departemen gating (50.000 x $9,82)*                  $491.000
      Biaya yang dikeluarkan oleh departemen shell-creating:
      Bahan baku langsung              (2,47 x $378.000)                 $177.660
      Tenaga kerja langsung (0,15 x $530.300)                     79.545
      Overhead                                (0,15 x $643.518)                     96.528
                  Total biaya konversi                                                                            $353.733
                  Total biaya                                                                                          $844.733
Ket: *diasumsikan bahwa semua unit yang ditransfer keluar,termasuk produk jadi dari produk dalam proses awal,memiliki biaya $9,82 per unit. Hal ini mengasumsikan bahwa biaya per unit dalam periode ini sama dengan periode sebelumnya.

Biaya per unit        = Biaya bahan baku langsung per unit + Biaya konversi per unit + Biaya                                 yang ditansfer per unit
                              = $3,55 + $3,47 + $9,82
                              = $16,84
Biaya produk dalam proses akhir = Bahan baku langsung + Biaya konversi + Biaya Ditransfer
                                                      = (8.000 x $3,55) + (2.400 x $3,47) + (8.000 x 9,82)
                                                      = $28.400 + $8.328 + $78.560
                                                      = $115.288
Dengan menggunakan asumsi yang sama pada departemen Gating,yaitu berasumsi bahwa biaya per unit dari produk yang ditransfer adalah sama dengan biaya per unit pada metode FIFO. Asumsi ini yaitu jika biaya produksi periode terakhir tidak mengalami perubahan dengan periode sekarang. Walaupun jika biaya berubah,kesalahan tidak terlalu besar. Untuk tujuan estimasi nilai dari produk dalam proses akhir,asumsi ini dapat dipakai.
Case 7-64
1.      Identify the flaws associated with the current method of assigning shipping and warehousing costs to Sharp’s products.
Jawab:
Biaya pengiriman dan biaya pergudangan saat ini ditentukan oleh berapa ton kertas yang diproduksi, perhitungan berdasarkan unit. Namun banyak biaya tidak bisa ditentukan oleh kuantitas produksi. Banyak produk perlu perlakuan khusus dan memerlukan biaya pengiriman yang lebih banyak. Biaya ini tidak dapat disamakan dengan produk yang langsung dikirim ke konsumen.

2.      Compute the shipping and warehousing cost per ton of LLHC sold by using the new costs method suggested by Jennifer and Kaylin. Round rates and the cost per ton to two decimal places.
Jawab:
Pengusulan metode baru ini guna menentukan pemisahan biaya pengiriman dan pergudangan dari produk yang volumenya rendah. Untuk memenuhi usulan tersebut, terdapat tiga biaya: penerimaan, pengiriman dan bawaan. Driver untuk masing-masing biaya adalah berapa ton yang diproses, produk yang di kirim dan berapa ton yang dijual.
Pool rate,biaya penerimaan           = Biaya Penerimaan / Ton yang diproduksi
                                                      = $1.100.000 / 56.000 ton
                                                      = $19,64 per ton yang diproduksi
Pool rate,biaya pengiriman            = $2.300.000 / 190.000 item yang dikirim
                                                      = $12,11 per item yang dikirim
Pool rate,biaya bawaan (biaya oportunitas):
      Biaya bawaab per tahun (LLHC)       = 25 x $1.665 x 0,16
                                                                  = $6.660
      Biaya bawaan per ton yang terjual      = $6.660 / 10
                                                                  = $666
Biaya pengiriman dan biaya pergudangan per ton yang terjual:
      Penerimaan                                          $19,64
      Pengiriman ($12,11 x 7)                      $84,77
      Bawaan                                             $666,00
                  Total                                      $770,41

3.      Using the new cost computed in Requirement 2, compute the profit per ton of LLHC. Compare this with the profit per ton computed by using the old method. Do you think that this same effect would be realized for other low-volume products? Explain.
Jawab:
Analisis laba:
Laba yang diterima per ton (LLHC):
      Harga jual                                                        $2.400,00
      Dikurangi: Biaya manufaktur                           1.665,00
      Laba kotor                                                       $   735,00
      Dikurangi: pengiriman dan pergudangan             770,41
      Rugi                                                                $   (35,41)
Laba awal per ton:
      Harga jual                                                        $2.400,00
      Dikurangi: Biaya manufaktur                           1.665,00
      Laba kotor                                                       $   735,00
      Dikurangi: pengiriman dan pergudangan               30,00
      Laba                                                                $   705,00
Laba yang sudah direvisi menggambarkan penilaian biaya pengiriman dan pergudangan yang lebih akurat, terdapat perbedaan yang cukup besar. Pada kenyataanya produk tersebut menghabiskan banyak uang perusahaan. Sekarang sudah terlihat bahwa labanya diatribusikan untuk subsidi yang diterima dari produk yang volumenya tinggi. Efek yang sama pada produk yang volumenya rendah. Intinya, sistem ini mengecilkan biaya penanganan untuk produk yang volumenya rendah dan membesarkan biaya untuk produk yang volumenya tinggi.

4.      Comment on Ryan’s proposal to drop some high-volume products and place more emphasis on low-volume products. Discuss the role of the accounting system in supporting this type of decision making.
Jawab:
Keputusan untuk menurunkan beberapa produk yang volumenya tinggi dan menekankan pada produk yang volumenya rendah jelas saja salah. Berdasarkan LLHC yang telah dihitung, tingkat laba diatribusikan untuk biaya pekerjaan yang tidak biasa. Perubahan yang signifikan dalam LLHC dapat diterima dengan mengubah akurasi dari biaya pengiriman dan biaya penanganan. Perubahan selanjutnya dalam akurasi biaya overhead mungkin saja menyebabkan LLHC semakin tidak akurat. Sebaliknya, laba dari produk yang volume nya tinggi mungkin merubah secara signifikan dengan menambah akurasi biaya. Contoh ini dapat menjelaskan pentingnya memiliki informasi akuntansi yang akurat dan terpercaya. Sistem akuntansi harus dirancang untuk dapat menghasilkan informasi yang terpercaya.

5.      After receiving the analysis of LLHC, Ryan decided to expand the analysis to all products. He also had Kaylin reevaluate the way in which mill overhead was assigned to products. After the restructuring was completed, Ryan took the following actions: (a) the price of the most low-volume products were increased, (b) the price of several high-volume products were decreased, and (c) some low-volume products were dropped. Explain why his strategy changed so dramatically.
Jawab:
Strategi Rian berubah karena informasi yang berkaitan dengan produk secara individual juga berubah. Sistem akuntansinya membebankan biaya lebih kecil untuk produk yang volumenya rendah dan membebankan biaya yang terlalu besar untuk produk yang volumenya tinggi. Dengan adanya informasi yang lebih sesuai, Ryan dapat membuat keputusan yang lebih baik untuk kondisi kompetitif.

Case 9-55
1.      Prepare a monthly cash budget for Dr. Jones
Jawab:
Dr. Roger Jones
Anggaran Kas

Penerimaan kas
            Fillings ($50 x 90)                               $4.500
            Crowns ($300 x 19)                              5.700
            Root Canals ($170 x 8)                         1.360
            Bridges ($500 x 7)                                3.500
            Extractions ($45 x 30)                                      1.350
            Cleaning ($25 x 108)                            2.700
            X – rays ($15 x 150)                             2.250
Total penerimaan kas                                                                          $21.360
Dikurangi: Pengeluaran kas
            Gaji                                                     $12.700
            Benefit                                                                1.344
            Lease bangunan                                      1.500
            Perlengkapan dental                                1.200
            Janitorial                                                     300
            Utilitas                                                                   400
            Telefon                                                       150
            Perlengkapan kantor                                  100
            Biaya Lab                                                5.000
            Pembayaran pinjaman                                570
            Pembayaran bunga                                     500
            Biaya lain-lain                                            200
Total kas yang diperlukan                                                                   $23.964
            Kekurangan Kas                                                                     $(2.604)


Anggaran menunjukkan bahwa terdapat kekurangan kas sebesar $2.604.

2.      Using the cash budget prepared in Requirement 1 and the information given in the case, recommend actions to solve Dr. Jones’s financial problems. Prepare a cash budget that reflects these recommendations and demonstrates to Jones that the problems can be corrected. Do you think that Jones will accept your recommendation? Do any of the behavioral principles discussed in the chapter have a role in this type of setting? Explain
Jawab:
Untuk mengatasi kekurangan kas maka Dr. Jones dapat meningkatkan pendapatan atau memotong biaya yang ada atau dapat mengkombinasikan keduanya. Terdapat tiga kemungkinan pendekatan yang dapat dipilih:
a.       Menambah jam kantor sehingga totalnya adalah 40 jam bekerja setiap minggu. Ini dapat menambah pendapatan sebanyak $5,340. Dalam sebulan yaitu empat minggu, pendapatan per jam nya adalah $166,88 ($21.360/128). Jadi total penambahan pendapatan yang mungkin adalah sebesar $166,88 x 32 jam = $5.340. Dr. Jones perlu menginfokan kepada asisten dan resepsionisnya tentang penambahan waktu kerja dan masing-masing akan memperoleh 15 persen penambahan gaji. Benefit juga akan bertambah. Beban yang lain juga akan bertambah karena bertambahnya penjualan dari perlengkapan dental, biaya lab, dan utilitas (sekitar 31 persen dari penjualan). Beban yang lain termasuk tetap. Jadi, penambahan kas nya dapat dihitung sebagai berikut:
            Pendapatan incremental                                              $5.340
            Gaji bertambah (0.25 x $3.400)                                     (850)
            Benefit ($1.344/$12.700) ($850)                                     (90)
            Biaya variabel (0,31 x $5.340)                                    (1.655)
                        Arus Kas bertambah sebesar                           $2.745
            Pendekatan 1 ini memiliki beberapa risiko. Menambah jam kantor mungkin saja tidak meningkatkan bisnis. Jika bisnis tidak meningkat seperti yang diperkirakan maka dapat memperparah masalah kekurang kas.
Dr. Roger Jones
Anggaran Kas

Penerimaan kas ($21.360 + $5.340)                                        $26.700
Dikurangi: Pengeluaran kas
            Gaji ($12.700 + $850)                         $13.550
            Benefit ($1.344 + $90)                           1.434
            Lease bangunan                                      1.500
            Perlengkapan dental ($1.200 + $301)     1.501
            Janitorial                                                     300
            Utilitas ($400 + $100)                                500
            Telefon                                                       150
            Perlengkapan kantor                                  100
            Biaya Lab ($5.000 + $1.254)                  6.254
            Pembayaran pinjaman                                570
            Pembayaran bunga                                     500
            Biaya lain-lain                                            200
Total kas yang diperlukan                                                       $26.559
            Kelebihan Kas                                                             $     141


b.      Memberhentikan kerja satu asisten dental, dengan mengeliminasi gaji Mrs. Jones dan aktivitas yang ia lakukan dan memotong gaji dr. Jones sebanyak $1.000 per bulan:
Penghematan dapat dihitung sebagai berikut:
            Asisten (gaji dan benefit)                    $1.051
            Gaji                                                       2.000
                        Total                                        $3.051
Walaupun dapat melakukan penghematan, namun keputusan ini tidak layak. Solusi ini berhubungan dengan bagaimana keluarga Jones dapat menggunakan hanya $2.000 per bulan. Hal ini tentu saja tidak dapat diterima oleh keluarha Jones. Selain itu dengan memberhentikan kerja seorang asisten maka akan meminta resepsionis untuk menjadi asisten juga. Hal ini akan sangat sulit untuk mendapatkan orang yang memiliki keahlian untuk bekerja menjadi resepsionis dan asisten. Selain itu dengan menjadikan resepsionis menjadi asisten maka bisa saja telepon menjadi tidak bisa diangkat semua dan beberapa pasien yang masuk menjadi terabaikan.
c.       Kemungkinan ketiga adalah menambah biaya yang dikenakan untuk beberapa servis dental. Dengan mengasumsikan biaya variabel adalah 31 persen (dari kemungkinan 1), penembahan pendapatan diperlukan untuk menutupi kekurangan kas $2.900 yang dapat dihitung sebagai berikut:
0,69 R = $2.900
        R = $2.900/0.69
            = $4.203
Hal ini akan menaikkan biaya sebesar rata-rata 19.7 persen. Mungkin tidaknya peningkatan ini tergantung pada pelayanan dr. Jones dibandingkan dengan doker dentis lain di area tersebut. Jika beberapa peningkatan mungkin terjadi, maka dapat dikombinasikan dengan pendekatan yang ada. Saya mengira dr. Jones akan memilih untuk mengkombinasikan beberapa pilihan yang ada dibandingkan dengan menerima pendekatan yang masih baru.
Prinsip behavioral yang didiskusikan dalam hal ini memiliki peran dalam menentukan tipe dari seting. Tujuan pribadi dr. Jones harus menjadi segaris dengan tujuan organisassi profesional nya, dan dia harus termotivasi untuk mencapai tujuan organisasi.
Case 10-49
1.      Discuss the benefits of a standard costing system for Crunchy Chips.
Jawab:
Keuntungan menggunakan sistem biaya standar: Crunchy Chips dapat meningkatkan pengendalian dari input manufaktur. Dengan membentuk harga dan kuantitas standar untuk masing-masing input, manajemen dapat menentukan harga dan juga variansi untuk masing-masing input. Karena sistem biaya standar dapat memberikan lebih banyak informasi maka pengendalian dapat ditingkatkan. Contohnya manajer memiliki pengendalian penuh atas penggunaan input, mengetahui variansi dapat memberikan informasi yang spesifik tentang apa yang harus dilakukan. Dengan mengetahui variansi harga dapat dideteksi mana yang kurang pengendaliannya, maka evaluasi kegiatannya akan semakin baik.

2.      Discuss the president’s concern about using the result of the engineering study to set the labor standards. What standard would you recommend?
Jawab:
Menurut saya,standar yang ideal adalah standar mesin. Presiden mungkin saja masih ragu bahwa standar tenaga kerja dapat dicapai. Jika karyawan merasa tertekan untuk dapat mencapai standar yang sempurna,maka hasilnya malah tidak memuaskan. Karyawan mungkin saja menjadi frustasi dan konsekuensinya hasil kerjanya bisa saja lebih rendah. Banyak perusahaan memilih untuk menggunakan standar yang dapat dicapai dari pada menggunakan standar ideal. Standar yang diusulkan oleh presiden merupakan awal yang baik. Jika dalam perjalanan terindikasi standarnya terlalu longgar maka selanjutnya dapat disesuaikan kembali.

3.      Develop a standard cost sheet for Crunchy Chips’ plain potato chips. Round all computations to four decimal places.
Jawab:
Biaya standar (untuk satu box potato chips):
Bahan baku langsung        (15,9375 lbs x $0,238)*                                  $3,7931
      Minyak goring             (49,5 oz x $0,04)                                               1,9800
      Bag                              (15 x $0,11)                                                       1,6500
      Box                             (1 x $0,52)                                                         0,5200          
Ket: *pound per box = 15 x 4 x 4,25/16 = 15,9375

Harga per pound   = $0,245
Scrap per box        = 15 bag x (17,0 oz – 16,3 oz) = 10,5 0z
Scrap per oz          = $0,16/16 = $0,01 per oz
Penyimpanan scrap per box = $0,01 x 10,5 oz = $0,105
Penyimpanan per pound potato = $0,105/15,9375 pound = $0,007
Sehingga harga standar potato per pound adalah = $0,245 - $0,007
                                                                              = $0,238
Tenaga kerja
      Inspeksi potato                        (0,006 jam  x $15,20)                          $0,0912
      Inspeksi chip                           (0,0225 jam x $10,30)                          0,2318
      Monitoring penggorengan       (0,0118 jam x $14,00)                           0,1652
      Bagian box                              (0,0311 jam x $11,00)                           0,3421
      Operator mesin                        (0,0118 jam x $13,00)                           0,1354
Overhead variabel                         (1,116 x $0,9837)                                  1,1411
Overhead tetap                             (1,9671 x $0,937)                                  1,9351

Biaya per box                                                                                          $12,0030
Biaya per bag                                ($12,0030 / 15 bag)                             $0,8002

4.      Suppose that the level of production was 8,8 million bags of potato chips for the year as planned. If 9,5 million pounds of potatoes were used, compute the materials usage variance for potatoes.
Jawab:
SQ = 15.9375 x 8.800.000/15 = 9.350.000

MUV         = (AQ – SQ) SP
                  = (9.500.000 – 9.350.000) $0,2380
                  = $35.700 U



Case 11-59
1.      Calculate a fixed overhead rate based on standard direct labor hours.
Jawab:
Tarif overhead tetap          = $2.400.000 / (2 jam standar x 30.000 units)
                                          = $2.400.000 / 600.000 jam
                                          = $ 4 per jam
     
2.      Calculate the fixed overhead spending and volume variances for the Little Rock and Athens plants. What is the most likely cause of the spending variance? Why are the volume variances different for the two plants?
Jawab:
Athens:
FOH sesungguhnya                      FOH dianggarkan                   FOH dibebankan
         $2.500.000                                  $2.400.000                       $4 x 600.000 jam                                             $100.000 U                                               0
                        Varian pembiayaan                       Varian volume

Little Rock:
FOH sesungguhnya                      FOH dianggarkan                   FOH dibebankan
         $2.500.000                                  $2.400.000                       $4 x 480.000 jam                                             $100.000 U                                      $480.000 U
                        Varian pembiayaan                       Varian volume

Varian pembiayaan disebabkan oleh gaji supervisor. Hal itu tidak seperti pembayaran lease atau depresiasi yang lebih besar dari pada yang dianggarkan. Perubahan ketentuan dalam 10 tahu lease di tahun pertama menjadi tidak biasa. Dan juga depresiasi harus sesuai dengan target, kecuali jika ada penambahan pembelian peralatan atau penetapan anggaran depresiasi sebelum harga peralatan tersebut diketahui dengan pasti.

Terjadi perbedaan varian volume karena produksi Little Rock lebih kecil dari pada yang dianggarkan, sehingga terdapat kapasitas biaya yang tidak digunakan:
$4 x 120.000 jam = $480.000. Sedangkan Athens kapasitas biayanya telah digunakan semua.

3.      Suppose that from now on the sales for the Little Rock plant are expected to be no more than 240,000 units. What action would you take to manage the capacity costs (fixed overhead costs)?
Jawab:
120.000 jam kapasitas yang tidak digunakan (60.000 subassemblies) merupakan kapasitas tetap untuk Little Rock. Little Rock memiliki 10 supervisor, masing masing menghasilkan $50.000. Supervisi merupakan biaya step yang dipicu oleh jumlah line yang diproduksi. Kapasitas yang tidak digunakan yaitu 120.000 jam berarti terdapat 2 line dapat di tutup, menghemat biaya 2 supervisor ($100.000 pada tingkat gaji sesungguhnya). Dua peralatan untuk line tersebut telah dimiliki. Jika dapat dijual, uangnya dapat diinvestasikan kembali dan biaya depresiasi dapat berkurang 20%. Tidak ada cara langsung untuk mengurangi pembayaran lease untuk bangunan. Mungkin perusahaan dapat melakukan sub lease. Kemungkinan yang lain adalah mempertahankan supervisor dan peralatan yang ada dan mencoba memenuhi kapasitas yang tak digunakan dengan pesanan-pesanan khusus untuk sub assembly dengan harga dibawah penjualan normal. Jika harga penjualan tersebut  dapat menutup biaya variabel, menutup gaji dan depresiasi dari dua line, maka pesanan khusus tersebut menjadi pilihan yang baik. Namun pilihan ini memiliki risiko, yaitu membedakan hak konsumen yang membayar dengan harga penuh dan melanggar aturan diskriminasi harga.

4.      Calculate the fixed overhead cost per subassembly for each plant. Do they differ? Should they differ? Explain. Do ABC concept help in analyzing this issue?
Jawab:
Untuk masing-masing plant, tarif overhead tetap standar adalah $4 per jam tenaga kerja langsung. Karena masing-masing sub assembly harus mengggunakan 2 jam, maka tarif overhead tetap per unit adalah $8, tanpa memperhatikan dimana produksinya. Apakah terdapat perbedaan? Mungkin saja tarif untuk Little Rock perlu dilakukan penghitungan ulang. Lebih mungkin untuk menggunakan kapasitas sesungguhnya yang dianggarkan dari pada kapasitas praktis nya. Dalam kasus ini, Little Rock memiliki tarif overhead tetap sebesar $2.400.000/480.000 jam = $5 per jam dan biaya untuk sub assembly $10. Pertanyaanya adalah apakah subassemblies dapat dibebankan untuk biaya dari kapasitas yang tak digunakan? ABC memberikan respon yang negative. Produk harus dibebankan untuk sumber daya yang digunakan, dan biaya kapasitas yang tidak digunakan harus dilaporkan sebagai item yang terpisah sebagai perhatian manajemen untuk mengatur kapasitas yang tidak digunakan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

komen o yo rek,, *suwun