Kamis, April 27, 2017

akk - 5



TUGAS AKUNTANSI KEUANGAN KONTEMPORER
Chapter 5
PRODUCTS OF FINANCIAL REPORTING PROCESS

Pendahuluan
            Tanggung jawab ekonomi perusahaan sering dilihat dari kinerja dan kekayaan perusahaan. Laporan laba rugi menggambarkan kinerja ekonomi, sedangkan neraca atau laporan posisi keuangan menggambarkan kondisi kekayaan perusahaan. Laporan keuangan ini dinilai tinggi oleh masyarakat karenan menunjukkan reliability dan credibility dari perusahaan.

Dugaan Manipulasi pada Laporan Laba Rugi
            Mengapa manajemen melakukan manipulasi? Alasan utamanya adalah terkait dengan keinginan untuk mempengaruhi transfer kekayaan antara para pemegang kepentingan, termasuk manajemen, pemegang saham pengendali, pemegang saham lain atau pemegang saham potensial. Mengapa akun terbuka untuk dimanipulasi? Manager dan pemegang saham pengendali mengambil manfaat dari asimetri informasi anatar merek dan pemegang saham potensial. Manipulasi: penggunaan kebijakan manajemen untuk membuat keputusan akuntansi atau merancang transaksi yang mempengaruhi kemungkinan transfer kekayaan antara perusahaan dan masyarakat (biaya politik), penyedia modal (biaya modal) atau manajer (rencana kompensasi).
Manajemen Laba (Earnings Management)
            Manajemen laba: Manajer menggunakan keleluasaan akuntansi melalui pilihan kebijakan untuk menggambarkan level laba yang diinginkan dalam periode pelaporan tertentu. Manajemen laba tergantung pada perbedaan waktu yang muncul antara akuntansi akrual dan akuntansi kas. Manajemen laba yang buruk melibatkan campur tangan untuk menyembunyikan kinerja operasi yang sebenarnya melalui penciptaan catatan akuntansi buatan dengan merenggangkan estimasi yang dibutuhkan dalam menyiapkan laporan keuangan yang diluar wajar. Manajemen laba yang baik melibatkan aksi manajemen yang mencoba membuat kinerja keuangan stabil yang dapa diterima, keputusan bisnis yang disengaja dalam konteks kompetisi dan membangun pasar.
Perataan Laba (Income Smoothing)
            Income smoothing disebut juga manajemen laba yang baik. Manajem dengan sengaja memanipulasi laba untuk menghasilkan aliran pertumbuhan laba yang stabil: laba di atas normal adalah waktu yang baik untuk mengurangi provisi tertentu dan dapat ditarik ke waktu yang tidak begitu baik untuk meningkatkan angka laba yang dilaporkan.
Laporan Pro-forma: Massaging Earning
            Pro-forma results: laporan keuangan untuk suatu periode yang disiapkan sebelum periode tersebut berakhir, yang terkait dengan estimasi. Angka pro-forma digunakan untuk menunjukkan pengaruh dari perubahan akuntansi pada tahun sebelumnya sehingga diketahui perbandingan yang tepat antara laporan tahun sebelumnya dengan tahun ini.

Aktivitas Pengecualian dari Proses Pelaporan Keuangan
            Perusahaan juga membuat pengungkapan suka rela, biasanya terkait dengan sumber daya manusia, lingkungan atau komunitas, walaupun pengungkapan lingkungan yang paling diteliti.
Tak Berwujud
Aset tak berwujud adalah aset  non-moneter  yang  dapat diidentifikasi tanpa wujud fisik. Aset tetap tidak berwujud diakui jika dan hanya jika: (1) Kemungkinan besar perusahaan akan memperoleh manfaat ekonomis masa depa dari aktiva tersebut, dan (2) Biaya perolehan aset tersebut dapat dikur secara andal.
Intellectual Capital
            Modal intelektual adalah materi intelektual yang telah diformalisasikan dan dimanfaatkan untuk memproduksi aset yang nilainya lebih tinggi. Intellectual Capital didapat dari tiga sumber, yaitu: (1) Modal yang dibuat oleh karyawan atau dibeli, seperti paten, sistem computer dan administrasi, konsep, model penelitian dan pengembangan; (2) Hubungan dengan pelanggan dan pemasok, terkait dengan brand name, trademark dan kesukaan; (3) Modal yang melekat pada karyawan, seperti pendidikan, pelatihan, nilai dan pengalaman.

Dimana Pengungkapan Suka Rela Dilaporkan
Laporan Tahunan
            Laporan tahunan semakin meningkatkan laporan suka rela, pengungkapan naratif yang lebih banyak, yang menyampaikan keuangan sesuai aturan dan tambahan data mentahnya. Pengungkapan naratif membuat manajemen dapat melaporkan pencapaian perusahaan, terutama yang tidak diwajibkan oleh standar akuntansi dalam pelaporan keuangan.
Internet Reporting
            Laporan keuangan dan non keuangan diungkapkan melalui website perusahaan, yang dapat digunakan oleh pihak yang membutuhkan informasi tersebut. Internet reporting memberikan pengguna banyak pilihan terkait jenis informasi yang disajikan dan metode penyampaiannya.

Kapan Informasi Dilaporkan
            Pada praktiknya laporan keuangan disajikan paling sedikit setiap tahun, yaitu setiap 12 bulan. Namun tidak menutup kemungkinan perusahaan juga membuat laporan tengah tahun atau per tiga bulan. Laporan keuangan yang disajikan antara laporan tahunan disebut Laporan Keuangan Interim. XBRL (eXtensible Business Reporting Language) merupakan bahasa baku pelaporan bisnis berbasis XML yang dikembangkan untuk memfasilitasi komunikasi data bisnis dan data keuangan secara elektronis. XML sendiri, singkatan dari eXtensible Markup Language, adalah bahasa penanda (markup language) yang telah menjadi standar universal penyajian informasi terstruktur. XBRL bisa dikatakan versi XML yang khusus dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pelaporan keuangan dan bisnis.

Mengapa Perusahaan Melakukan Pengungkapan Suka Rela
            Basis teori untuk pengungkapan suka rela adalah berdasarkan penelitian CSR (Corporate Social Responsibility), yang bertujuan mengidentifikasi motivasi perusahaan untuk melakukan pengungkapan suka rela terkait aspek non finansial dalam bisnis. Teori accountability melibatkan hubungan pengendalian dan regulasi antara perusahaan dengan pemegang kepentingan, dimana pemegang saham dan komunitas yang lebih luas dimediai melalui pengungkapan yang dibuat oleh perusahaan. Teori legitimasi mengasumsikan kontrak sosial antara masyarakat dengan organisasi, penggunaan laporan tahunan adalah alat managemen untuk dapat mendemonstrasikan pemenuhan kewajiban kepada komunitas yang terkait. Teori Stakeholder menekankan pada tanggung jawab sosial organisasi pada stakeholder mereka, dan pihak yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komen o yo rek,, *suwun